Outbound FTSL

Sabtu (21/05/2016) sekitar Pukul 06.30 Dosen dan Tenaga Kependidikan FTSL sudah berkumpul di Gerbang Utama ITB. Rombongan FTSL ini akan mengikuti kegiatan Outbound yang dilaksanakan di Natural Hill, Rombongan ynag terdiri dari Dekan FTSL Prof. Ir. Ade Sjafruddin, M.Sc., Ph.D., Wakil Dekan Bidang Akademik Ir. Irsan Soemantri Brodjonegoro, Ph.D., Wakil Dekan Bidang Sumberdaya Ir. Indah Rachmatilah Siti Salami, M.Sc., Ph.D., Para Ketua Program Studi diantaranya Ir. Muhamad Abduh, MT., Ph.D., Dr. Benno Rahardyan, ST., MT., Dr. Ir. Andojo Wurjanto, Joko Nugroho, ST, MT, Ph.D., Ir. Harun Al Rasyid S. Lubis, M.Sc, Ph.D., Dr. Aine Kusumawati, ST., MT., Para Ketua Laboratorium seperti Hadi kardana, ST., MT. Ph.D, Dr. Qomaruddin Helmy, ST, MT, Emenda Sembiring, S.T., M.T., Dosen Muda seperti Alamsyah Kurniawan, ST.,Ph.D., Mohammad Farid, ST., MT., Ph.D., Eddy Rachman Gandanegara, ST., MT., dan juga seluruh Tenaga Kependididkan di lingkungan FTSL.

 IMG_9922    IMG_9921

IMG_9929Rombongan tiba dilokasi kegiatan sekitar pukul 08.00 dan langsung berkumpul untuk mendapat pengarahan dari TIM UPT PMO tenetang kegiatana yang akan dilaksanakan. Diawali oleh pembukaan dari Dekan FTSL Prof. Ir. Ade Sjafruddin, M.Sc., Ph.D., dan Doa Bersam yang di pimpin Wilyon Nazri kemudian kegiatan diserahkan kepada UPT PMO yang di pimpin oleh Yassierli, S.T., M.T., Ph.D. selaku ketua PMO ITB. Sebelum memulai permainan seluruh peserta diajak untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu.  Peserta dibagi kedalam 8 kelompok yang setiap kelompok terdiri dari 10 orang, diawali dengan Game “Bangkit Bersama” , setiap peserta diwajibkan untuk bangun secara bersamaan namun dalam posisi saling berpunggungan dan kedua tangan peserta saling berkaitan, dimulai dengan 2 orang peserta, kemudian 4orang, 8 orang, dan akhirnya seluruh perserta diuji kekompakannnya untuk melakukannya secara bersama-sama.Sebelum di lanjutkan dengan game berikutnya, peserta diberikan waktu untuk beristirahat.

IMG_9967   IMG_9982

Selesai istirahat peserta kembali berkumpul di lapangan, dilanjutkan dengan Game “Self Confidence” setiap kelompok diberikan waktu untuk membuat “yel yel” sendiri dan diberikan kesempatan untuk menunjukan kepada peserta lainnya, selain itu juga setiap kelompok di uji kekompakannya kembali, dimana setiap anggota kelompok telah diberikan nomor dan mereka harus mengambil nomor tersebut yang berada disebrang tali, sementara peserta berada dibelakang tali yang lain dan jarak antar tali sekitar 1meter, setiap peserta yang mengambil nomor tidak diperbolehkan menyentuh daerah antar tali satu dengan tali yang lain. Pada game ini semua anggota kelompok harus salaing bahu membahu menolong anggota kelompok lainnya, dn dari game ini juga terlihat kekompakan setiap kelompok. Sebelum istirahat siang para peserta kembali berkumpul diruangan untuk melakukan sesi selanjutnya yaitu sesi Motivasi.IMG_0046

IMG_0090Sekitar jam 12 siang para peserta diberikan waktu untuk beristirahat, makan siang dan melaksanakan Shalat. Kegiatan kembali dilanjutakan pada pukul 1 siang, kembali dengan game kelompok, kali ini peserta diajak untuk melakukan game “perang-perangan”, diman setiap kelompok diharuskan memasukan bola- bola kecil ke gawang lawan dengan tetap menjaga agar bola lawan tdak masuk ke gawang mereka. Meskipun Game ini menguras energy tapi seluruh peserta termasuk para dosen yang hadir ikut serta dalam game ini.

Selesai Sholat Ashar para peserta kembali ke ruangan untuk melakuakan review dan juga penutupan. Tapi sebelum Dekan FTSL menutup kegiatan hari itu, sebagai bentuk apresiasi Wakil Dekan bidang Sumberdaya FTSL mengumumkan beberapa tenaga kependidikan yang tingkat keterlambatannya paling kecil, ada sekitar 20 orang yang mendapatkan apresiasi atas kehadirannya.

IMG_0121        IMG_0180__

Dekan FTSL menutup kegiatan hari itu. Beliau mengucapakan rasa terima kasihnya kepada UPT PMO ITB yang telah membantu terselenggarakannya kegiatan tersebut, serta ucapan terima kasih juga kepada seluruh peserta yang telah hadir. Beliau mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan yang menarik dan sangat bermanfaat, dalam setiap game yang diikuti terdapat sisi positif yang dapat diambil, seperti melatih kekompakan kerja sama tim dan kepercayaan diri. Kegiatan ini selesai pukul 17.00, dan melanjutkan perjalana pulang menuju kampus ITB.

Berita Terkait