Konferensi Nasional Pascasarjana Teknik Sipil (KNPTS) 2016

laporan-kegiatan-knpts-2016_edit2Konferensi Nasional Pascasarjana Teknik Sipil (KNPTS) merupakan acara tahunan sejak tahun 2010, diselenggarakan oleh Program Studi Magister dan Doktor Teknik Sipil, FTSL ITB, meliputi bidang Rekayasa Struktur, Rekayasa Geoteknik, Manajemen dan Rekayasa Konstruksi, Manajemen dan Rekayasa Inftrastruktur, Rekayasa Transportasi, Rekayasa dan Manajemen Sumber Daya Air. Selaras dengan prioritas program pemerintah yang sedang mengejar ketertinggalan infrastruktur, maka KNPTS ke 7 tahun ini mengambil tema “Riset Inovatif untuk Pembangunan Infrastruktur Berkelanjutan”.

KNPTS 2016 diselenggarakan pada tanggal 8 November 2016, bertempat di Gedung CIBE (Centre for Infrastructure and Built Environment). Acara KNPTS didahului dengan laporan Ketua Panitia KNPTS 2016 dilanjutkan pembacaan do’a dan pembukaan secara resmi oleh Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) ITB, Prof. Ir. Ade Sjafruddin, MSc., PhD.laporan-kegiatan-knpts-2016_edit4

Acara inti diawali dengan keynote speech yang diisi oleh Bapak Dr. Ir. Ahmad Hermanto Dardak MSc menyampaikan presentasi yang sangat menarik tentang Riset Inovatif untuk Pembangunan Infrastruktur Berkelanjutan. Presentasi yang disampaikan Keynote Speaker merupakan challenge yang harus diambil dan dimanfaatkan sepenuhnya oleh para peneliti muda Teknik Sipil dalam menghadapi ketertinggalan pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Kompetisi presentasi 3 menit Tesis dan Disertasi (3MT & 3MD) merupakan kompetisi yang selalu dilakukan pada setiap KNPTS. Kompetisi diperuntukkan hanya bagi Pemakalah kategori A yaitu peserta tingkat magister yang telah menyelesaikan tesisnya (3MT) dan tingkat doktoral yang telah menyelesaikan disertasinya (3MD). Kompetisi 3 menit presentasi diikuti oleh 7 (tujuh) peserta 3 orang untuk progam magister dan 4 orang program doktor. Peserta diberi kesempatan untuk menyampaikan hasil penelitiannya dalam waktu 3 menit dan dibatasi hanya 2 slide tayangan.

Kompetisi dipandu oleh Ir. Biemo W. Soemardi, M.Sc., Ph.D.laporan-kegiatan-knpts-2016_edit12

Juri/ reviewer eksternal pada tahun ini adalah:

  • Sofia W. Alisjahbana, MSc., Ph. D dari Universitas Bakrie (Rek. Struktur),
  • Dr. Ir. Hary Christady Hardiyatmo, M. Eng, DEA dari UGM (Rek. Geoteknik),
  • Wimpy Santosa, Ph. D dari UNPAR (Rek. Transportasi),
  • Dr. Ir. H. Nadjadji Anwar, M. Sc. dari ITS (Rek. Sumberdaya Air),
  • Ir. Khrisna Muktar, MSCE, Ph. D dari ITI Serpong (Rek dan Manajemen Konstruksi)

 

laporan-kegiatan-knpts-2016_edit17Setelah sesi Kompetisi 3 menit presentasi, dilanjutkan dengan sesi paralel yang dibagi menurut kelompok keahlian masing-masing yang terdiri dari Rekayasa Struktur, Rekayasa Geoteknik, Teknik Sumber Daya Air, Rekayasa Transportasi, serta Manajemen dan Rekayasa Konstruksi. Setiap kelompok keahlian dipandu oleh moderator, yang merupakan reviewer internal ITB, yaitu Dr. Ing. Ediansjah, S.T., M.T. ( Rekayasa Struktur), Joko Nugroho, S.T., M.T., Ph.D (Rekayasa dan Manajemen Sumber Daya Air), Ir. Harun al-Rasyid S. Lubis, MSc. Ph.D (Rekayasa dan Manajemen Transportasi), Ir. Erza Rismantoyo, MSCE, Ph.D (Rekayasa Geoteknik), Ir. Biemo W. Soemardi, M.Sc., Ph.D ( Manajemen dan Rekayasa Konstruksi). Selain itu juga didampingi oleh reviewer eksternal dengan tujuan untuk memberi masukan pada setiap pemakalah. Pada sesi paralel juga dilakukan penilaian dengan tujuan untuk mendapatkan paper terbaik pada masing-masing kategori. Dari 40 (tiga puluh) pemakalah yang mengirimkan full paper, tidak hadir 1 pemakalah yaitu : 1 (satu) dari Rekayasa Transportasi.

laporan-kegiatan-knpts-2016_edit29Dan berikut daftar para pemenang.

Pemenang Kompetisi 3 Menit Presentasi :

  • 3 MT : Linda Aisyah (Institut Teknologi Bandung)
  • 3 MD : Henita Rahmayanti (Universitas Negeri Jakarta)

 

Peraih Pemakalah Terbaik:

  • Pemakalah Terbaik Kategori A : Mukhsin (Universitas Syiah Kuala)
  • Pemakalah Terbaik Kategori B : Sofwan (Universitas Hasanuddin)
  • Pemakalah Terbaik Kategori C : Hartono Guntur R. (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)

Peraih Sedyatmo Award : Hartono Guntur R. (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)

Setelah pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah, serta penyerahan cindera mata kepada Reviewer Eksternal, seminar ditutup secara resmi oleh Ketua Program Studi Magister dan Doktor Teknik Sipil FTSL ITB: Ir. Harun al-Rasyid S. Lubis, MSc., PhD.

Berita Terkait