TEKNIK SIPIL

Program Studi Sarjana (S1) Teknik Sipil

Program Studi Sarjana Teknik Sipil memberikan fundasi yang kuat kepada lulusannya untuk bekerja di berbagai bidang profesi Teknik Sipil termasuk di bidang rekayasa struktur, geoteknik, teknik sumber daya air, manajemen dan rekayasa konstruksi maupun rekayasa transportasi. Pendidikan Teknik Sipil dirancang secara khusus untuk memenuhi tantangan ke depan dengan menitik beratkan pada pengetahuan dasar, keahlian yang mudah dikembangkan, dan konsep belajar sepanjang hayat. Suasana akademik yang kondusif senantiasa dibangun sehingga dihasilkan program pendidikan yang berkualitas tinggi dan lulusannya sangat kompetitif karena memiliki baik pengetahuan akademik, kemampuan profesional, karakter, dan motivasi untuk menghadapi masalah-masalah di dalam pembangunan infrastruktur dan lingkungan binaan.

Program Studi Magister (S2) Teknik Sipil

Perkembangan pembangunan infrastruktur yang semakin kompleks memerlukan dukungan para ahli berkualitas tinggi yang memiliki pengetahuan teknik sipil lanjut. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut dibuka Program Studi Magister (S2) Teknik Sipil yang memiliki enam pengutamaan, yaitu: Rekayasa Struktur, Rekayasa Geoteknik, Rekayasa Sumberdaya Air, Rekayasa Transportasi, Manajemen dan Rekayasa Konstruksi, Rekayasa dan Manajemen Infrastruktur. Para mahasiswa diperkenalkan pada ilmu pengetahuan lanjut yang merupakan perkembangan terakhir Teknik Sipil. Kegiatan akademik yang dilakukan terdiri dari kuliah, studi lapangan, pekerjaan di laboratorium, seminar, riset, dan penulisan tesis. Program pendidikan terdiri dari 3-4 semester dengan tiap semesternya terdiri dari 9 hingga 12 SKS. Total kredit adalah 36 SKS yang berupa mata kuliah dasar wajib dan pilihan serta penelitian dan tesis sebanyak 6 SKS.

Program Studi Magister (S2) Sistem dan Teknik Jalan Raya

Program ini bertujuan untuk menghasilkan ahli rekayasa jalan, rekayasa jembatan, dan rekayasa lalu lintas yang dapat menganalisis dan meneliti berbagai permasalahan dalam bidang tersebut, dan memberikan alternatif penyelesaian dengan mempertimbangkan kondisi setempat dan rencana pengembangan wilayah. Lama pendidikan adalah dua tahun akademik yang terdiri dari empat semester. Untuk tahun akademik kedua peserta harus memilih salah satu dari tiga bidang khusus: (1) rekayasa jalan, (2) rekayasa jembatan, (3) rekayasa lalu lintas. Penelitian untuk tesis dimulai pada semester ketiga dan topiknya harus sesuai dengan bidang khusus yang diambil.

Program Magister (S2) Pengembangan Sumber Daya Air

Program Magister Pengembangan Sumber Daya Air diselenggarakan untuk menjembatani kebutuhan masyarakat, terutama di lingkungan Departemen Pekerjaan Umum akan tenaga professional yang memiliki keahlian di dalam pengembangan sumber daya air yang juga meliputi aspek pengelolaan dan pengawasan implementasi kebijakan strategis di dalam bidang ini. Program pendidikan ini meliputi 46 SKS yang diselesaikan dalam 4 semester dengan beban 11-12 SKS/semester. Struktur kurikulum program ini terdiri dari (1) Ilmu Dasar Sains Lanjut (15%), (2) Ilmu Dasar Rekayasa Lanjut (20%), (3) Sistem Analisis dan Sintesa Kerekayasaan (35%), (4) Kemampuan Penelitian & Desain (20%, Subjek Penunjang (10%).

Program Studi Doktor (S3) Teknik Sipil

Program Studi Doktor Teknik Sipil merupakan program melalui penelitian bagi mereka yang ingin memperdalam ilmunya dengan membuat suatu disertasi dan karya ilmiah dibawah bimbingan para profesor dan para ahli yang dibutuhkan. Program Doktor terdiri dari 6 semester dan tiap semester terdiri dari 12 kredit, sehingga total adalah 54 kredit. Satu kredit ekivalen dengan 4 jam kegiatan akademik pada satu minggu tiap semester terdiri dari 16 minggu hingga max 20 minggu. Kegiatan akademik meliputi beberapa mata kuliah wajib dan pilihan yang harus ditempuh dan harus lulus sehingga periode penelitian dapat berjalan dengan baik. Program Doktor Teknik Sipil terdiri dari 6 pengutamaam, yaitu: Rekayasa Struktur, Rekayasa Geoteknik, Rekayasa Sumberdaya Air, Rekayasa Transportasi, Manajemen & Rekayasa Konstruksi, Rekayasa Kelautan.

English Version

Situs Program Studi Teknik Sipil :  link site

Program Pasca Teknik Sipil

PROGRAM STUDI TEKNIK LINGKUNGAN——— link site

PROGRAM STUDI TEKNIK KELAUTAN————link site

SISTEM DAN TEKNIK JALAN RAYA——