TEKNIK LINGKUNGAN

Program Studi Sarjana (S1) Teknik Lingkungan

Teknik Lingkungan dijabarkan sebagai pemikiran dan atau aplikasi yang memanfaatkan prinsip-prinsip serta praktek-praktek rekayasa dan manajemen untuk memelihara dan melindungi kesehatan dan keselamatan manusia, khususnya lingkungan binaan manusia. Kurikulum Program Sarjana sebanyak 144 SKS, terbagi menjadi Tahap Persiapan Bersama (TPB) sebanyak 36 SKS dan Tahap Sarjana sebanyak 108 SKS. Materi kuliah program ini terdiri dari mata kuliah (a) matematik dan basic sciences khususnya fisika dan kimia, (b) basic engineering khususnya yang terkait dengan civil works, dan (c) basic engineering yang terkait dengan process works dalam bidang kimia. Sebagaimana namanya, maka program sarjana ini dilatarbelakangi secara kuat dengan pemahaman terhadap bagaimana upaya proteksi lingkungan hidup akibat kegiatan manusia, serta pemahaman proteksi kesehatan dan keselamatan manusia akibat penyakit serta cemaran-cemaran kimia yang terpapar melalui media tanah, air dan udara melalui pendekatan rekayasa. Sarjana Teknik Lingkungan tersebar di berbagai sektor bidang pekerjaan, antara lain: beberapa departemen, konsultan, industri, pertambangan, institusi pendidikan, perbankan, PDAM, Bapedal, BPPT, Pemda, BUMN, dan sebagainya.

Program Studi Magister (S2) Teknik Lingkungan

Program Magister Teknik Lingkungan merupakan program pascasarjana Teknik Lingkungan yang tertua di Indonesia. Program Magister Teknik Lingkungan meliputi 36 SKS (program 3 semester) terdiri dari 4 jalur pilihan, yaitu: (a) Teknologi pengolahan air dan limbah (Water and waste technology), (b) Teknologi dan manajemen lingkungan (Environmental management and technology), (c) Keselamatan dan kesehatan lingkungan (Environmental health and safety), dan (d) Infrastruktur air dan sanitasi (Water and Sanitation Infrastruktur). Staf pengajar Program Magister Teknik Lingkungan yang berjumlah 27 orang seluruhnya telah bergelar Doktor untuk berbagai bidang keahlian yang terkait dengan bidang Teknik Lingkungan. Peserta program disyaratkan telah menyandang gelar Sarjana (S1) dari Universitas yang terakreditasi terutama dengan latar belakang keteknikan. Penyesuaian akan dilakukan bagi peserta dengan latar belakang bidang non rekayasa maupun bidang rekayasa yang kurang sesuai dengan bidang Teknik Lingkungan.

Program Studi Doktor (S3) Teknik Lingkungan

Program Doktor Teknik Lingkungan diarahkan pada pengembangan keilmuan baik yang berbasis kerekayasaan maupun ilmu-ilmu dasar yang mendukung penerapan ilmu Teknik Lingkungan secara luas di masyarakat. Program Doktor Teknik Lingkungan dirancang selama 3 tahun, berbentuk kuliah dan penelitian. Untuk mendapatkan gelar doktor, proposal tesis harus sudah dimasukkan pada akhir semester pertama, dan tidak lebih dari 2 semester dengan persetujuan pihak Pendidikan Pascasarjana ITB. Kurikulum Program Doktor sebanyak 48-60 SKS, yang terdiri dari kegiatan perkuliahan dan penelitian dalam penyusunan disertasi Doktor. Kompetensi seorang doktor di bidang Teknik Lingkungan adalah mampu mengembangkan konsepsi ilmu dan teknologi yang berkaitan dengan bidang Teknik Lingkungan. Saat ini terdapat 5 (lima) orang staf pengajar yang siap menjadi promotor dan 22 (duapuluh dua) orang sebagai ko-promotor dalam Program Doktor Teknik Lingkungan.

 

 

Situs Prodi :

English Version

PROGRAM STUDI TEKNIK KELAUTAN ———— link site

SISTEM DAN TEKNIK JALAN RAYA ————————

PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL ——— link site