Profil Fakultas

Apa itu Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan-ITB?

Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (F.T.S.L.) di Institut Teknologi Bandung dulu dikenal dengan nama Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) ITB. Fakultas tertua di ITB ini dibentuk untuk menjawab kebutuhan akan prasarana dasar yang mutlak ada dalam mendukung setiap kegiatan bangsa ini.

Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan terdiri dari beberapa program studi (prodi), meliputi

PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL —————link site

PROGRAM MAGISTER TEKNIK SIPIL ———link site

PROGRAM STUDI TEKNIK LINGKUNGAN—link site-

PROGRAM STUDI TEKNIK KELAUTAN—link site

SISTEM DAN TEKNIK JALAN RAYA—link site

PROGRAM MAGISTER TERAPAN : MPSDA—link site

Sebenarnya kemampuan dasar yang diharapkan serta ilmu yang dipelajari pada setiap program studi di FTSL – ITB tidaklah terlalu jauh berbeda. Beberapa subjek yang diharapkan sudah menjadi ketertarikan awal dan akan dipelajari lebih lanjut di FTSL.-.ITB antara lain: Ilmu Komputasi dan Sistem Informasi; Fisika Mekanika; Matematika; dan Kimia (terutama untuk program studi Teknik Lingkungan).

Sebelum mempelajari hal-hal yang lebih spesifik dalam program studi, seluruh mahasiswa FTSL.-.ITB harus melalui jenjang Tahap Pertama Bersama (TPB), 4.jpgdi mana mahasiswa akan dibekali dengan pengetahuan dasar yang dibutuhkan untuk maju ke jenjang selanjutnya.

llmu-ilmu gaya dan pengetahuan tentang material bangunan dan prasarana fisik, merupakan hal yang secara khusus dipelajari di program studi Teknik Sipil, dengan bidang keahlian Struktur, Teknik Sumberdaya Air, Geoteknik, Transportasi dan Manajemen Konstruksi. Pada program studi ini juga dipelajari pemanfaatan berbagai teknologi terkini, terutama sebagai alat bantu komputasi perhitungan struktural dan optimasi penggunaan sumber daya dalam proses perencanaan dan pelaksanaan pekerjaan lapangan.

Pentingnya aspek lingkungan telah disadari di semua bidang profesi dan keilmuan. Penyediaan prasarana infrastruktur dasar (air dan udara bersih serta sanitasi lingkungan) dan berbagai aktivitas yang secara signifikan berpengaruh terhadap lingkungan, seperti kegiatan industri adalah bidang-bidang digeluti oleh ahli Teknik Lingkungan.

Berkaitan dengan 3.jpgbidang-bidang di atas, maka pada program studi Teknik Lingkungan dipelajari beberapa hal khusus, seperti penyediaan air bersih; rekayasa pengendalian limbah cair, gas dan padat dari perkotaan, industri dan aktivitas lainnya; bioteknologi untuk pengolahan limbah; pengelolaan sumber-sumber daya air, tanah dan udara; pengelolaan lingkungan seperti pemantauan kualitas udara, air dan persampahan; analisis dampak lingkungan; pengelolaan kesehatan dan keselamatan kerja di industri dan banyak lagi hal-hal lain yang berkaitan dengan infrastruktur lingkungan binaan.

Mengingat 2/3 bagian dari wilayah Indonesia merupakan wilayah laut, maka bukan tidak mungkin, dalam waktu dekat pembangunan akan juga berorientasi pada hunian dan prasarana untuk aktivitas keseharian lain manusia di lautan. Sampai saat ini memang orientasi pembangunan di lautan masih lebih berorientasi pada usaha eksploitasi sumber daya alam, namun demikian dengan lingkungan yang sama sekali berbeda, dibutuhkan penguasaan tentang karakteristik fisik yang selanjutnya akan dijadikan masukan dalam melakukan perencanaan dan perancangan bangunan di lautan.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut program studi Teknik Kelautan mempelajari karakteristik fisik lingkungan lautan, seperti:

  1. KeamananLaut
  2. Perlindungan Lingkungan
  3. Pengembangan Sumber Daya Kelautan
  4. Pengembangan Wilayah Pantai / Bangunan Pantai
  5. Media Transportasi
  6. Bangunan Lepas Pantai

Fasilitasnya?

Untuk menjamin agar setiap proses belajar yang dilakukan dapat berjalan dengan efektif, FTSL-ITB memiliki fasilitas pendukung berupa:

  1. Kelas yang dilengkapi alat bantu ajar terkini
  2. Ruang diskusi dan seminar
  3. Laboratorium sesuai dengan bidang keahlian di setiap program studi
  4. Laboratorium Komputer dengan fasilitas LAN dan koneksi internet
  5. Jaringan komunikasi nirkabel (Wifi)
  6. Perpustakaan dengan koleksi buku yang selalu diperbaharui.

Hanya Belajar?

Kondisi keterkaitan bahkan ketergantungan antar program studi yang demikian erat tersebut, membutuhkan kemampuan kerjasama yang baik antarprogram studi di lingkungan FTSL.-.ITB. Hal-hal yang berhubungan dengan bagaimana cara bekerjasama dengan baik ini diperoleh dengan berorganisasi dan bersosialisasi.

Di setiap program studi  terdapat organisasi himpunan mahasiswa, di samping unit-unit kegiatan kesenian, olahraga dan sosial yang ada di lingkungan ITB. Aktivitas ekstrakurikuler di lingkungan ITB maupun di luar ITB sangat didukung oleh ITB. Hal ini didasari kesadaran akan pentingnya membentuk manusia yang “seimbang”, yang nantinya dapat dijadikan tumpuan masa depan bangsa ini, dengan eksistensi dan perannya secara penuh.
Dengan dukungan fasilitas pengembangan aspek kejiwaan dan fisik (olahraga) yang sangat lengkap, “hidup” di ITB kemudian menjadi sangat menyenangkan, waktu akan berlalu sangat cepat. Kehidupanmu sebagai calon intelektual muda dimulai di sini.

Setelah Lulus?

Jumlah alumni FTSL.-.ITB (FTSP-ITB pada saat mereka lulus) yang saat ini sangat banyak dan tersebar di seluruh penjuru nusantara. Para alumni tersebut memegang peranan penting dalam membangun bangsa ini. Langsung bekerja adalah salah satu harapan setelah tamat dari program studi. Dengan waktu tunggu rata-rata 3 bulan, alumni FTSL.-.ITBtermasuk dalam kelompok alumni yang tercepat dalam mendapatkan pekerjaan bila dibandingkan dengan fakultas lain di ITB. Tenaga kerja baik sebagai Pegawai Negeri maupun Swasta, seperti:

  • Instansi negara (pemerintahan maupun non pemerintahan)
  • Badan Usaha Miliki Negara
  • Perusahaan swasta nasional yang bergerak di bidang: Konsultansi dan kontraktor Perbankan
  • Perusahaan multinasional
  • Organisasi International
  • Bidang Akademik, dll

Butuh Info Lanjut?

Untuk informasi yang lebih lengkap, silakan datang ke homepage FTSL.-.ITB: www.ftsl.itb.ac.id. ; e-mail: kantor@ftsl.itb.ac.id atau telp: 022-2504952 ; fax: 022-2516586.

Beasiswa

Dari berbagai sumber pendanaan dalam jaringan ITB, tersedia kesempatan untuk mendapatkan beasiswa selama belajar di ITB. Beasiswa yang diberikan di ITB adalah beasiswa ekonomi untuk mahasiswa yang tidak mampu dan beasiswa untuk mahasiswa yang berprestasi. Informasi beasiswa lainnya.

English Version