AOTULE Summer School Program 2016

AOTULE Summer School Program 2016 merupakan yang ke7 kalinya diadakan oleh ITB. Pada tahun ini mengangkat topic “Coastal Zone and Environmental Development”. Kegiatan ini diadakan selama 2 minggu mulai tanggal 8 – 19 Agustus 2016.

DSC_0281Program ini ditujukan untuk menjadi forum Internasionalisasi untuk mahasiswa pascasarjana. Para peserta merupakan mahasiswa program pascasarjana dari Universitas anggota AOTULE. Dari 11 Universitas anggota AOTULE, hanya 4 Universitas yang mengirim tanggapannya  ke International Relation Office (IRO)  ITB, diantaranya :

  • Tokyo Institute of Technology – Jepang: 2 Peserta
  • Hongkong University of Science & Technology: 1 Peserta
  • National Taiwan University – Taiwan: 2 Peserta
  • Korean Advance Institute of Science & Technology : 1 Peserta

DSC_0287ITB akhirnya memutuskan untuk menerima maksimum 25 peserta, Sedangkan para pengajar merupakan Dosen dari 5 Fakultas di ITB yang terlibat dalam AOTULE Summer School Program (FTSL, FTTM, FTMD, STEI, FITB). Sisanya 19 peserta yang diisi oleh mahasiswa ITB, dengan komposisi: mahasiswa Indonesia ITB: 14 orang dan mahasiswa ITB Internasional: 5 orang; dari Kamboja (2 siswa), dari Vietnam (2 siswa), dan dari Nigeria (1 siswa). Selain bertindak sebagai peserta, mahasiswa ITB Indonesia juga harus bertindak sebagai “teman” untuk 6 peserta dari anggota AOTULE.

Kegiatan Program AOUTULE Summer School 2016 Sebagai berikut :

  • Tanggal 8 – 12 Agustus 2016 : Mahasiswa ITB menjemput peserta AOTULE Summer School 2016, Pembukaan Kegiatan AOTULE Summer Program, Kuliah yang diberikan oleh staf pengajar ITB, dan pengenalan budaya Indonesia.
  • 13 Agustus 2016 : Semua Peserta mengikuti “Bandung City Tour” dengan kunjungan ke Museum Geologi Bandung dan Saung Udjo (pertunjukan musik tradisional).
  • 14 – 16 Agustus 2016 : Semua Peserta mengikuti Ekskursi ke Pangandaran.
  • 17 Agustus 2016 :Semua peserta merayakan dan berpartisipasi dalam kegiatan hari Kemerdekaan Indonesia,
  • 18 Agustus 2016 : Kuliah terakhir di kelas dan persiapan untuk presentasi,
  • Dan 19 Agustus 2016 : Presentasi mahasiswa, dan Acara penutupan yang diisi oleh Penampilan budaya dari setiap Peserta.

IMG_0758 IMG_0961

DSCN0581 DSC01186

Semua kegiatan berjalan dengan baik, tapi ada satu masalah ketika peserta dari Korean Advance Institute of Science & Technology, Chung Deok gyoon, datang terlambat 1 hari, karena paspor Korea yang dimilikinya sudah habis masa berlakunya ketika ia tiba di bandara dan dibutuhkan 1 (satu ) hari lagi untuk mendapatkan paspor baru. Kelemahan dari acara ini, dapat digunakan sebagai evaluasi untuk perbaikan acara berikutnya, salah satunya didahului dari mekanisme baru untuk mengirimkan pengumuman harus ditingkatkan.

Berita Terkait