Ekskursi Mahasiswa TPB Angkatan 2015

Jum’at(15/04/2016), Sebanyak 398 Mahasiswa TPB Fakultas Teknik Sipil Lingkungan Angkatan 2015,yang terbagi ke dalam 10 Bus, berangkat pukul 05.00 pagi menuju proyek Reklamasi Pantai Utara Jakarta, tepatnya Pantai Ancol. Rombongan Mahasiswa ini didampingin oleh beberapa dosen FTSL diantaranya Ir. Biemo W. Soemardi, MSE., Ph.D. , Dr.Eng. Nita Yuanita, ST., MT., Muhammad Riyansyah, ST., Ph.D, Dr. Ahmad  Soleh Setiyawan, ST., MT., Dr. Ir. Sri Murti Adiyastuti, M.Sc., Hadi Kardhana, ST., MT., Ph.D., Dr. Arno Adi Kuntoro, ST., MT. . Sekitar pukul 09.30 pagi Rombongan mahasiswa TPB Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan tiba di Kawasan Wisata Ancol dan diterima oleh Bpk. Gatot Setyowaluyo sebagai  Direktur Utama PT. Pembangunan Jaya Ancol, Ibu Ellen Gaby Tulangow sebagai Kepala Dept. Corporate Secretary, Bpk Ferdinand Gultom – Kepala Dept. Reklamasi, Ibu Arinta Wahyuningrum – Kepala Dept. Perencanaan dari pihak  PT. Pembangunan Jaya Ancol,IMG_9408

Serta dari Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut  Letkol Laut (T) Tasdik Mustika Alam, S.Si., M.T. sebagai Kaprodi S-1 Hidrografi., Mayor Laut (KH) Johar Setiyadi, M.T. sebagai Kaprodi D-3 Hidro-Oseanografi., dan Mayor Laut (P) Eri J Lesmana, S.T. sebagai Perwira Pelaksana Pembelajaran S-1 Hidrografi. serta Wakil Dekan bidang FTSL Ir. Irsan Soemantri Brodjonegoro, Ph.D. yang memang sudah datang terlebih dahulu.DSC_0826

Rombongan di tempatkan di Ocean Dream Samudra, untuk mendengarakan penjelasan mengenai proyek Reklamasi yang sedang berjalan. PT Pembangunan Jaya Ancol merupakan perusahaan yang dipercaya untuk melaksanakan Proyek Reklamasi Pantai Utara Jakarta untuk Pulau J dan Pulau K. Sebelumnya ada sambutan yang diberikan oleh Ir. Irsan Soemantri Brodjonegoro, Ph.D. yang mewakili FTSL, beliau mengucapkan rasa terima kasih kepada Pihak Ancol dan Juga STTAL karena telah membantu kegiatan Eskursi Mahasiswa TPB FTSL. Setelah Pak Irsan selesai memberikan sambutannya, giliran dari pihak STTAL yang yang diwakili oleh Letkol Laut (T) Tasdik Mustika Alam, S.Si., M.T. sebagai Kaprodi S-1 Hidrografi.

DSC_0834Selanjutnya Penjelasan mengenai Proyek Reklamasi Pantai Ancol yang diawali oleh Bapak Ferdinand Gultom selaku Kepala Departement Reklamasi, PT Pembangunan Jaya Ancol. Dan dilanjutkan oleh Bapak Dimas dari Departement Reklamasi,, beliau memberikan penjelasan tentang Proyek yang sedang dikerjaan terutama Reklamasi Pulau K yang berada disisi utara Dufan. Beliau menjelasakan secara detail tentang pulau K tersebut. Mulai dari luas wilayah, peruntukan pulau tersebut kedepannya. IMG_9542Pulau K ini merupakan pulau dengan wilayah yang terkecil dibandingkan 16 Pulau lainnya. Selanjutnya dilanjutkan oleh Bapak Richard yang juga dari Departement Reklamasi, beliau memberikan penjelasan dengan judul “New Land By The Sea, Land Reclamation Project of  PT. Pembangunan Jaya Ancol ,Tbk “. Pada kesempatan tersebut beliau menjelaskan tentang apa itu reklamasi, dan juga proses pengerjaan Reklamasi Pulau K. Proses Reklamasi ini di awali dengan pembuatan tanggul kemudian dilakukan pengurukan yang mengunakan pasir laut. Ada hal menarik, ternyata Bapak Ferdinand, Bapak, Dimas, dan Bapak Richard merupakan Lulusan teknik Sipil ITB tahun 1993. Hal ini pun menjadi satu motivasi untuk para Mahasiswa TPB tersebut. Banyak yang tertarik dengan penjelasan yang diberikan, terbukti setelah diberikan kesempatan untuk bertanya, banyak diantara mahasiswa yang bertanya mengenai proses Reklamasi khususnya pulau K di Pantai Ancol.

DSC_0842       DSC_0845

Sebelum Meninggalkan Ocean Dream Samudra untuk menuju lokasi dimana kita dapat melihat proses pengerjaan Reklamasi Pulau K, Pihak FTSL memberikan Plakat sebagai Kenang-kenangan kepada Pihak Ancol dan juga STTAL.

Selesai Sholat Jumat, Rombongan FTSL dan juga STTAL berangkat ke lokasi yang dituju. Namun karena jumlah rombongan yang berjumlah 500 orang tidak memungkinkan untuk menyebrang ke Pulau tersebut. Akhirya Rombongan hanya bisa melihat dari kejauhan saja.

Sekitar pukul 14.00 siang sesuai jadwal yang ditentukan,rombongan pulang menuju Bandung.

Berita Terkait