Ekskursi Mahasiswa TPB Angkatan 2016

Sebanyak 430 mahasiswa TPB Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan angkatan 2016 melakukan kegiatan Ekskursi ke Bandara Internasional Jawa Barat yang berada di Kertajati, sekitar 68 km dari Bandung pada hari Jumat (07/04/2017). Rombongan Mahasiswa ini berangkat dengan mengunakan 10 Bis dan 1 Mobil yang di peruntukan untuk Dosen yang mengantar, berangkat pukul 10.00 pagi rombongan sempat beristirahat dahulu di rest area KM 102 tol Cipali untuk melaksanakan sholat jumat. Rombongan tiba di lokasi Bandara sekitar pukul 14.00, rombongan langsung diterima oleh perwakilan dari PT. Bandarudara Internasional Jawa Barat. Karena Proses pembangunan masih berlangsung dan tidak memungkinan untuk memampung orang sebanyak itu, maka para mahasiswa ditempakan di area landasan pacu pesawat untuk mendengarkan penjelasan singkat tentang proses pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat.

3 hari sebelumnya tapatnya hari Selasa (04/03/2017) Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan mengundang perwakilan dari Bandara Internasional Jawa Barat untuk memberikan penjelasn tentang Proses Pembangunan Bandara tersebut. Hadir Annisa Pangestuti, Kepala Departemen dan Drs. Indra Tjahya, Kepala Unit.

Beliau menjelaskan proses pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat. Bandara yang sudah di rencanakan dari tahun 2003 ini memiliki luas 1800 HA Area, dengan 2 Runaway dengan kapasitas 121.000 m2 untuk penumpang pada terminal area (1B) dan 50.000 m2 untuk kargo. Pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat ini di mulai tahun 2015 nantinya diharapkan Kertajati akan menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi dan daya saing Jawa Barat karena :

  • Lokasi yang Strategis: Koridor Perekonomian Jawa Barat; Metropolitan Bandung, Metropolitan Cirebon, dan Bodebekkarpur (Bogor, Depok, Bekasi, Karawang, Purwakarta).
  • Dukungan Pemerintah: Inisiasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat ; Pembangunan Sisi Udara oleh Pemerintah Pusat
  • Konsep Aerotropolis, Konektivitas dan Aksesiblitas: Perencanaan Bandara, Bisnis, dan Tata Kota berpadu dan didukung oleh keberadaan Jalan Tol Cipali dan Cisumdawu, Kereta Api, dan Akses ke Pelabuhan.
  • Dikelilingi oleh Kawasan Industri: Kawasan Industri Cikarang, Kawasan Industri Karawang dll.

Sementara ketika kunjungan langsung ke Bandara Internasional Jawa Barat, para mahasiswa dibagi kedalam beberapa kelompok untuk mendengarkan kembali penjelasan dan berdiskusi dengan pihak PT Bandarudara Internasional Jawa Barat mengenai proses pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat.

Sebelum pulang tidak lupa seluruh mahasiswa, asisten, Dosen, dan juga perwakilan dari PT Bandarudara Internasional Jawa Barat melakukan sesi foto bersama dan juga pemberian Souvernir dari pihak FTSL kepada PT. BIJB.

Berita Terkait