Jurnal Infrastruktur dan Lingkungan Binaan, Edisi tahun 2006

Jurnal Infrastruktur dan Lingkungan Binaan, Volume II No. 1 Juni 2006

Jurnal Infrastruktur dan Lingkungan Binaan yang semula diterbitkan oleh Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP – ITB), terhitung mulai tahun 2006 diterbitkan oleh Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL – ITB). Hal ini seiring dengan perubahan status ITB, maka melalui SK Rektor ITB No. 222/SK/ K01/OT/2005 tgl. 29 Agustus 2005 Pengelolaan Satuan Akademik yang semula 6 (enam) Fakultas/Sekolah menjadi 11 (sebelas) Fakultas/Sekolah. Dalam kaitan ini FTSP juga berubah menjadi Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL), dimana ada dua program studi yaitu Arsitektur dan Planologi membentuk fakultas tersendiri dengan nama Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK). Dengan demikian sejak tahun 2006 FTSL hanya membawahi 4 Program Studi, yaitu Teknik Sipil, Teknik Geodesi dan Geomatika, Teknik Lingkungan, serta Teknik Kelautan.
Pada Edisi Volume II, Nomor 1 Juni 2006 ini, Jurnal Infrastruktur dan Lingkungan Binaan memuat lima karya ilmiah yaitu :

  1. Kajian Penerapan Model NPV-at-Risk Sebagai Alat untuk Melakukan Evaluasi Investasi Pada Proyek Infrastruktur Jalan Tol”, oleh : Heni Fitriani, Puti Farida, dan Andreas Wibowo
  2. Studi Karakterisitik Parameter Kuat Geser Tanah Lempung Pasir Honje Tol Cipularang, Jawa Barat”,  oleh : Ir. Abdul Fatal, MT, Dr. Ir. Ilyas Suratman, Ir. Syarifuddin Nasution, M.Eng.
  3. Evaluasi Perubahan Perilaku Erosi Daerah Aliran Sungai Citarum Hulu dengan Pemodelan Spasial”,  oleh : Poerbandono, Ahmad Basyar, Agung B. Harto, Puteri Rallyanti
  4. Analisis Perubahan Luas Pertanian Lahan Kering Menggunakan Transformasi Tasseled Cap, Studi Kasus : Kawasan Puncak Jawa Barat”,  oleh Ketut Wikantika, Ari Agus S. S.
  5. Penggunaan Program Dinamik Deterministik dalam Penentuan Kurva Pengatur Pengoperasian Waduk Berdasarkan Kondisi Musim Tahun Air”, oleh : Mulyana Wangsadipura, Rachmat Suria Lubis.

————————Cover Muka | Dewan Redaksi | Kontribusi ————————

Jurnal Infrastruktur dan Lingkungan Binaan, Vol II. No. 2 Desember 2006

Telah Terbit Jurnal Infrastruktur dan Lingkungan Binaan FTSL Volume II No.2 Edisi Desember 2006 dengan judul makalah sebagai berikut:

  1. Air, Sanitasi dan Udara Bersih Kebutuhan Dasar dalam Lingkungan Permukiman”,  oleh Enri Damanhuri
  2. Analisis Hidraulik Aliran Bawah Permukaan Melalui Media Gambut dengan Pendekatan Uji Model Fisik di Laboratorium, Studi Kasus: Lahan Perkebunan Kelapa di Guntung-Kateman, Riau”,  oleh Muljana Wangsadipura.
  3. Sikap Masyarakat terhadap Pemilahan Sampah Berbasis Pengumpulan Terjadwal”,  oleh : Benno Rahardyan dan Dini Aprilia Murdeani.
  4. Datum Geodetik Batas Maritim Indonesia-Malaysia : Status dan Permasalahannya”,  oleh : Hasanuddin Z. Abidin, Sobar Sutisna, T. Padmasari.
  5. Treatability Test of Oil-Contaminated Soil Using Bio-Augmented Bacteria”, oleh Agus Jatnika Effendi.
  6. Instrumen Pajak Kendaraan untuk Manajemen Transportasi Terpadu”,  oleh Willy Tumewu.

—————–Cover Muka | Dewan Redaksi | Kontribusi——————-

EDISI TAHUN 2005 | EDISI TAHUN 2006 | EDISI TAHUN 2007
| EDISI TAHUN 2008