Kunjungan Rektor dan FTSL-ITB ke BJTU Beijing

Pada tanggal 25-27 Mei 2017, Rektor ITB Prof. Kadarsah Suryadi beserta segenap dosen dari Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) yaitu Prof. Ade Sjafruddin selaku Dekan FTSL, Irsan S. Brodjonegoro, Ph.D. selaku Wakil Dekan Bidang Akademik FTSL, Prof. Ricky Lukman Tawekal, Prof. Puti Farida Marzuki, dan Sri Murti Adiyastuti, Ph.D,, mengadakan kunjungan ke Beijing Jiaotong University (BJTU) di Beijing, Tiongkok, untuk mengadakan kerjasama di bidang pengembangan kereta cepat (high speed train).

Kunjungan ke BJTU diawali dengan tur ke museum universitas dan pertemuan dengan Presiden PJTU Bin Ning. Pada acara pertemuan dengan Presiden PJTU tersebut juga diadakan penandatanganan kerjasama antara ITB dengan BJTU untuk pengembangan kereta cepat.

Acara berikutnya dalam kunjungan tersebut adalah kunjungan ke Laboratorium Negeri untuk Pengendalian Lalu Lintas dan Keamanan Transportasi Rel (State Key Lab of Rail Traffic Control and Safety) dan Pusat Penelitian Rekayasa Operasi dan Keamanan Transportasi Rel (National Engineering Research Center of Rail Transportation Operation and Control System). Selain itu, tim dari ITB juga mengunjungi Laboratorium Besar Saluran Gelombang (Large Wave Flume Laboratory), Aula Pengujian Komprehensif (Comprehensive Test Hall), dan Laboratorium Besar Sentrifugal Geoteknik (Large Geotechnical Sentrifure Laboratory) di pusat peneliatan di daerah Lingang. Pada sela-sela kunjungan ke Tiongkok tersebut juga diadakan kunjungan budaya ke beberapa tempat seperti sekolah-sekolah dan pusat budaya lainnya untuk lebih mengenal kebudayaan setempat.

Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan terjalin hubungan yang lebih baik antara ITB dengan BJTU dalam pengembangan teknologi khususnya di bidang kereta cepat.

Berita Terkait