WORKSHOP FTSL

Workshop FTSL awalnya bernama Bengkel Teknik Penyehatan ITB berdiri sejak tahun 1963 bersamaan dengan diserahkannya gedung Kesehatan Teknik oleh Departemen Kesehatan Indonesia kepada ITB kemudian berganti nama menjadi Bengkel Teknik Lingkungan bersamaan dengan perubahan nama dari Departemen Teknik Penyehatan menjadi Departemen Teknik Lingkungan pada tahun 1984.

Workshop ini didirikan atas dasar keperluan pembuatan alat-alat terkait dengan penelitian sudah berdiri sejak tahun 1962 bersamaan dengan lahirnya Departemen Teknik Penyehatan. Workshop FTSL mempunyai kemampuan untuk memperbaiki alat dan membuat berbagai alat yang mendukung pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Departemen Teknik Lingkungan ITB.

kegiatan-workshop

Saat ini workshop berada pada bagian Timur Selatan dari Gedung Prodi Teknik Lingkungan dengan luas area 50m2.

pak-nana

Staf pengajar yang pernah menjabat menjadi Kepala Workshop antara lain adalah: Bapak Prof. Dr. Soetiman, Bapak Prof. Dr. Benny Chatib,   Bapak Prof. Asis Djajadiningrat,  Bapak Prof. Ir.Suprihanto Notodarmojo Ph.D, Bapak Ir. Idris Maxdoni Kamil Ph.D, Bapak Prof. Ir. Arwin Sabar., Bapak Ir. James Nobelia, MS. Mulai Bulan Juni 2009 Kepala Workshop FTSL dipegang oleh  Ibu Dr. Katharina Oginawati, MS.

Sementara teknisi yang terlibat di workshop adalah Bapak Marjiji, Bapak Supono, Bapak Mardjono, Bapak Karjiman, dan saat ini adalah Nana Sumarna.

Kegiatan workhop tidak hanya melayani pesanan dari Departemen Teknik Lingkungan ITB saja, tetapi juga melayani pesanan dari Departemen Teknik Lingkungan perguruan tinggi negeri dan swasta di luar ITB seperti Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Institut Teknologi Nasional (ITENAS) dan lain-lain. Di samping itu workshop juga menerima pesanan dari masyarakat dalam bentuk saringan pasir.

Peralatan yang dimiliki adalah :

Bor duduk, mesin bubut, bor tangan, grinda duduk, ragum, mesin las, kompresor kecil, sney pipa, alat pres, pemotong pipa danoven, dan  alat-alat lainnya.

bor-duduk

Bor Duduk

Mesin Bubut

welder

Alat Las

Adapun produk yang dihasilkan oleh Workshop FTSL adalah filter air, reactor pengolahan air bersih, reactor pengolahan air limbah, reactor sampah, reactor udara, dan berbagai alat-alat penelitian. Di samping itu juga workshop FTSL membantu program studi untuk perbaikan listrik, perbaikan alat-alat dan pembuatan alat-alat sederhana seperti water sampler, soil sampler dan lain-lain.

Reaktor Membran

Reaktor

Di samping itu workshop FTSL juga membantu untuk perbaikan listrik, ledeng, gas, dan kerusakan peralatan khususnya di seluruh Program Studi Teknik Lingkungan, seperti perbaikan alat COD meter dari laboratorium air, low volume sampler dari laboratorium udara, compressor dari laboratorium Higiene Industri dan Toksikologi, dan lain-lain.

Workshop FTSL juga menerima pesanan dari luar dalam bentuk filter air bersih, reactor pengolahan air limbah dan lain-lain.

filter-air-bersih-300x294

 

Filter Air Bersih

——————