Pelatihan Penyusunan Model Dokumen Pengadaan Nasional & Penyusunan Draft Kontrak

Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan ITB telah mengirim perwakilannya untuk mengikuti Pelatihan Penyusunan Model Dokumen Pengadaan Nasional & Penyusunan Draft Kontrak yang diselenggarakan oleh SBHL Consulting [Organization and Management Consultant] mulai tanggal 26 – 27 Agustus 2008 di Hotel Karang Setra, Jalan Bungur 2 Sukajadi, Bandung.

Kelancaran dalam proses pelelangan untuk menghasilkan barang/jasa sesuai dengan perencanaan dan anggaran yang telah disusun, selain ditentukan oleh kompetensi sumber daya ahli pengadaan, juga ditentukan oleh dokumen pengadaan/lelang dan dokumen kontrak.

Penyusunan Dokumen Pengadaan merupakan kegiatan yang sangat penting dalam proses pelelangan karena Dokumen Pengadaan merupakan dokumen yang mengikat pihak pengguna dan penyedia barang.
Penyusunan Kontrak juga memiliki peran akhir yang sangat penting. Kontrak merupakan ikatan atau hubungan hukum antardua pihak atau lebih, yang saling berjanji untuk melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu.
Model Dokumen Pengadaan Nasional yang dikeluarkan oleh BAPPENAS, setidaknya dapat membantu para penyusun dokumen pengadaan dan draft kontrak. Tahapan-tahapan yang jelas, dapat membantu mempermudah pemahaman.

Tujuan pelatihan : agar para peserta memiliki :

  1. Pengetahuan dan pemahaman mengenai pentingnya penyusunan dokumen pengadaan dan kontrak
  2. Pengetahuan mengenai teknik dan tahapan dalam penyusunan dokumen pengadaan dan kontrak
  3. Kemampuan menyusun dokumen pengadaan dan kontrak, sesuai dengan Model Dokumen Pengadaan Nasional.

Berita Terkait