Accredited by the Engineering Accreditation Commission of ABET

gedung ftsl (24)UntitledEAC-RGB-W-L

A. Body of Knowledge

Body of Knowledge (BoK) Program Studi Teknik Lingkungan (TL) diharapkan dapat menjawab tantangan-tantangan tersebut yang didasarkan kepada tiga kategori outcomes, yaitu:

  1. Kategori outcome fundamental: terkait dengan mata-ajar matematika, ilmu-ilmu alam, kemanusiaan, dan ilmu-ilmu sosial.
  2. Kategori outcome teknis: terkait dengan mata-ajar ilmu bahan, mekanika, ekperimen, pengenalan masalah dan pemecahannya, desain, perspektif isu kontemporer, risiko dan ketidak-pastian, proyek manajemen, area terkait dengan bidang environmental engineering.
  3. Kategori outcome profesional: terkait dengan mata-ajar komunikasi, kebijakan public, business-public administration, globalisasi, kepemimpinan, kerjasama, perilaku, life long learning, profesional dan tanggung jawab etika.

Body of Knowledge Program Studi Teknik Lingkungan (TL) ITB sebagai sebuah Disiplin Ilmu Teknik lebih banyak bergerak dalam bidang:

  1. Penyediaan air yang baik dan layak bagi kebutuhan aktivitas manusia ditinjau dari sudut kualitas, kuantitas maupun kontinuitas.
  2. Kontrol terhadap kemungkinan penyebaran penyakit dan pengelolaan kesehatan lingkungan, termasuk keselamatan dan kesehatan kerja (environmental health and safety).
  3. Upaya pengendalian pencemaran akibat limbah hasil aktivitas manusia, mulai dari sumber terjadinya pencemaran sampai limbah itu terbentuk, misalnya melalui pendekatan teknologi bersih (pollution prevention), atau daur ulang limbah.
  4. Teknologi pengendalian dan pengelolaan (management) limbah cair, gas, dan padat dalam upaya pengendalian akibat pencemarannya terhadap media : tanah, air (termasuk laut) dan udara, termasuk pemanfaatan dan dan pengembangan bioteknologi yang relevan.
  5. Penyaluran limbah dan buangan yang terjadi, termasuk air hujan, agar tidak mengganggu lingkungan, serta agar dapat tertangani secara baik.
  6. Konservasi sumber-sumber daya air yang dapat diperluas dengan sumber daya alam.
  7. Pengelolaan lingkungan melalui upaya sistem manajemen lingkungan (environment system management).
  8. Penilaian terhadap dampak negatif yang mungkin terjadi akibat pencemaran lingkungan, termasuk disini pendekatan risk assessment baik sebagai health risk assessment maupun ecological risk assessment.

B. Tantangan yang Dihadapi

Tantangan ke depan dalam bidang keilmuan Teknik Lingkungan dengan mengacu kepada berbagai sumber dan literatur serta diskusi dengan berbagai stakeholders, terutama advisory board Teknik Lingkungan ITB, yang meliputi:

  1. Pembangunan yang berkelanjuan dan berkesinambungan (sustainability and sustainable development)
  2. Perubahan iklim (climate change)
  3. Globalisasi (globalization)
  4. UN Milenium development goals (water, sanitation and public health)
  5. Energi dan lingkungan dan tidak lagi energi versus lingkungan
  6. Keamanan dan keselamatan bahan pangan (food safety and security)
  7. Sertifikasi

C. Akreditasi atau Standar Kurikulum Acuan

Lembaga akreditasi yang yang diikuti oleh Program Studi Teknik Lingkungan secara nasional adalah yang diselenggarakan secara independen oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) Indonesia. Sedangkan secara internasional, badan akreditasi yang dijadikan referensidan acuan adalah Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET) yang berpusat di Amerika Serikat. Organisasi profesi yang akan diikuti secara nasional adalah Ikatan Ahli Teknik Penyehatan dan Lingkungan Indonesia (IATPI) dan secara internasional yang dijadikan acuan adalah American Association of Environmental Engineer (AAEE).

D. Referensi

  1. Ketetapan Senat Akademik Institut Teknologi Bandung Nomor 10/SK/I1-SA/2012, tentang Harkat Pendidikan Institut Teknologi Bandung;
  2. SK Rektor ITB Nomor 284/SK/I1-A/PP/2012 tentang Pedoman penyusunan kurikulum 2008-2013 Institut Teknologi Bandung;
  3. Keputusan MenDikNas RI Nomor 323/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa;
  4. http://www.abet.org situs yang memuat kurikulum Environmental Engineering.

E. Tujuan Pendidikan dan Capaian Lulusan

  • Tujuan Pendidikan
    Kurikulum pendidikan sarjana Teknik Lingkungan (TL) disusun untuk menghasilkan lulusan dengan profil sebagai berikut:

    • Memiliki bekal dasar ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang cukup agar mampu mengamati, mengenali dan melakukan pendekatan pemecahan masalah dalam bidang Teknik Lingkungan secara ilmiah dan penuh prakarsa;
    • Mampu menerapkan keilmuan Teknik Lingkungan serta mampu menghadapi perubahan dan mengikuti perkembangan mutakhir dalam bidangnya;
    • Memiliki kepekaan sosial dan kebangsaan serta kepekaan terhadap lingkungan pada umumnya.
  • Capaian (Outcome) Lulusan
    Telah diuraikan di atas bahwa untuk merumuskan BoK dari Program Studi TL ITB, maka capaian lulusan dikelompokkan menjadi tiga kelompok yaitu:

    • Kategori outcome fundamental: terkait dengan mata-ajar matematika, ilmu-ilmu alam, kemanusiaan, dan ilmu-ilmu sosial.
    • Kategori outcome teknis: terkait dengan mata-ajar ilmu bahan, mekanika, ekperimen, pengenalan masalah dan pemecahannya, desain, perspektif isu kontemporer, risiko dan ketidak-pastian, proyek manajemen, area terkait dengan bidang environmental engineering.
    • Kategori outcome profesional: terkait dengan mata-ajar komunikasi, kebijakan publik, business public administration, globalisasi, kepemimpinan, kerjasama, perilaku, life long learning, profesional dan tangung jawab etika.

Di bawah ini adalah daftar outcomes yang digunakan untuk menentukan apakah lulusan program kami telah mencapai tujuan pendidikan dalam kurikulum Teknik Lingkungan ITB 2013 seperti yang tercantum dalam bagian sebelumnya belajar. Para lulusan dari program sarjana di bidang Teknik Lingkungan akan memiliki:

  1. Scientific Expertise
    Kemampuan untuk mengaplikasikan pengetahuan matematika, sains dan rekayasa.
  2. Experimental Skill
    Kemampuan untuk mendesain dan menyelenggarakan penelitian sebaik menganalisa dan interpretasi data.
  3. Design Abilities
    Kemampuan untuk mendesain sistem, komponen atau proses yang memenuhi keperluan yang diinginkan dalam batasan-batasan ekonomi, lingkungan, sosial, politik, etik, kesehatan dan keselamatan, kemungkinan fabrikasi, serta keberlanjutan.
  4. Teamwork
    Kemampuan untuk melaksanakan fungsi dalam tim multi disiplin.
  5. Problem Solving
    Kemampuan untuk mengidentifikasi, memformulasi dan menyelesaikan masalah-masalah teknis.
  6. Professional Responsibility
    Pemahaman atas tanggung jawab profesi dan etik.
  7. Communication Skill
    Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif.
  8. Understanding of Engineering Impact
    Pendidikan umum yang diperlukan untuk memahami efek dari solusi-solusi teknik dalam konteks global, ekonomi, leingkungan dan social
  9. Life-long Learning
    Pemahaman tentang perlunya, serta kemampuan untuk terlibat dalam pendidikan seumur hidup.
  10. Contemporary Issues
    Pengetahuan tentang isu-isu kontemporer.
  11. Technical Khow-how
    Kemampuan untuk menggunakan teknik, ketrampilan, dan alat-alat teknik modern dalam praktek teknis.

 

F. Struktur Kurikulum Program Sarjana Teknik Lingkungan

SEMESTER 3 SEMESTER 4
No. Kode Kuliah Nama Kuliah SKS No. Kode Kuliah Nama Kuliah SKS
1. TL 2101 Mekanika Fluida I 3 1. TL 2201 Mekanika Fluida II 3
2. TL 2102 Statistika Lingkungan 2 2. TL 2202 Kimia Lingkungan 3
3. TL 2103 Matematika Rekayasa 3 3. TL 2203 Mikrobiologi Lingkungan 3
4. TL 2104 Pengantar Teknik Lingkungan 3 4. TL 2204 Hidrologi dan Hidrogeologi 3
5. TL 2105 Kesehatan Lingkungan 3 5. TL 2205 Epidemiologi Lingkungan 2
6. SI  2112 Pengetahuan Struktur 2 6. SI  2222 Peng. Mek. Tanah 2
7. GD 2002 Pengantar Sistem Informasi Geografis 2 7. TL 2206 Pengelolaan Kualitas Air 2
Total 18 Total 18
Total SKS Tahun 2 = 36 SKS
SEMESTER 5 SEMESTER 6
1. TL 3101 Pengolahan Fisik & Kimia 3 1. KU     206X Agama dan Etika 2
2. TL 3102 Rek. Dan Proses Biologi 2 2. TL 3201 Pencemaran Udara 3
3. TL 3103 Laboratorium Lingkungan 3 3. TL 3202 Sewerage & drainase Berkelanjutan 3
4. TL 3104 Pengelolaan Persampahan 3 4. TL 3203 Pengelolaan Sumber Daya Air 2
5. TL 3105 Teknik Penyediaan Air Minum 3 5. TL 3204 Pengelolaan B3 2
6. TL 3106 Pencemaran Tanah 2 6. TL 3205 Kebijakan dan Hukum Lingkungan 2
Total 16 Total 14
Total SKS Tahun 3 = 30 SKS
SEMESTER 7 SEMESTER 8
1. TL 4098 Kerja Praktek 2 1. KU 2071 Pancasila dan Kewarganegaraan 2
2. TL 4104 Manajemen Teknik Lingkungan 3 2. TL 4099 Seminar dan Tugas Akhir 5
3. TL 4101 Design Tek. Lingkungan I 4 3. TL 4201 AMDAL 3
4. TL 4102 Design Teknik Lingkungan II 4 4. TL 4202 Perencanaan dan Pengelolaan Proyek 2
5. TL 4103 Kesehatan Lingk. Kerja 2
Total 15 Total 12
Total SKS Tahun 4 =  27 SKS

Matakuliah Pilihan Program Studi

No Kode Kuliah Nama Kuliah SKS
1 TL  4002 Rekayasa Lingkungan 3
2 TL  4097 Kapita Selekta Teknik Lingkungan 2
3 TL  4111 Plambing dan Pompa 3
4 TL  4121 Aspek Teknis Daur Ulang Limbah 2
5 TL  4122 Pemantauan Pencemaran Udara 2
6 TL  4123 Perilaku Udara 2
7 TL  4131 Infrastruktur dan Sanitasi 2
8 TL  4135 Analisis Sistem Pengelolaan Lingkungan 2
9 TL  4136 Teknologi Konservasi Lingkungan 2
10 TL  4137 Pengendalian Pencemaran Udara 2
11 TL  4211 Pengelolaan Limbah Industri 3
12 TL  4212 Bangunan Air 2
13 TL  4213 Pengolahan Lumpur 2
14 TL  4231 Fisika Lingkungan 2
15 TL  4232 Ekoteknologi Lingkungan 2
16 TL  4233 Teknologi Bersih 2
17 TL  4234 Transformasi Kebijakan dan Numerik 2
18 TL  4235 Teknik Remediasi 2

G. Staf Akademik

  • Ahmad Soleh Setiawan, Dr. (University of Kyoto, Jepang)
  • Agus Jatnika Effendi, Ph.D. (University of Wales-Cardiff, Inggris)
  • Arief Sudradjat, Ph.D., (University Maryland, Amerika Serikat)
  • Arwin Sabar, Dr, (INP-Toulouse, Perancis), Prof.
  • Asep Sofyan Dr. (Toyohashi University of Technologi, Jepang)
  • Barti Setiani M, Dr. (L’Universite de Grenoble I-Grenoble, Perancis)
  • Benno Rahardyan, Dr. (Hokkaido University, Jepang)
  • Dwina Roosmini, Dr. (ITB, Indonesia)
  • Edwan Kardena, Ph.D. (University of Wales-Cardiff, Inggris)
  • Emenda Sembiring, Dr. (Asian Institute of Technology, Thailand)
  • Enri Damanhuri. Dr. (L’Universite de Paris VII-Lyon, Perancis), Prof.
  • Haryo Satrio Tomo, MT. (ITB, Indonesia)
  • Herto Dwi Ariesyady, Dr. (Hokkaido University, Jepang)
  • I Made Wahyu Widyarsana, Dr. ( ITB, Indonesia)
  • Indah Rachmatiah, Ph.D. (University of Newcastle Upon Tyne, Inggris)
  • James Nobelia Isnaniawardhana, MT. (ITB, Indonesia)
  • Kania Dewi, Dr.Mont. (University of Loeben, Austria)
  • Katharina Oginawati, Dr. (ITB, Indonesia)
  • Marisa Handayani, Dr .Ing. (University of Karlsruhe, Jerman)
  • Mindriany Syafila, Dr. (UMIST, UK), Prof.
  • Mochammad Chaerul, Dr. (Okayama University, Jepang)
  • Mohammad Irsyad, MS (ITB, Indonesia)
  • Opy Kurniasari, Dr. (ITB, Indonesia)
  • Prayatni Suwondo, Dr. Ing. (TU Berlin, Jerman), Prof.
  • Priana Sudjono, Ph.D. (Saga University, Jepang)
  • Puji Lestari, Ph.D. (Illinois Institute of Technology, Amerika Serikat)
  • Qomarudin Helmy, Dr. (ITB, Indonesia)
  • Raden Driejana, Ph.D (The Manchester Metropolitan University, Inggris)
  • Rofiq Iqbal, Dr. (Hokkaido University, Jepang)
  • Suharyanto, M.Sc. (IHE Delft, Belanda)
  • Dr. (Okayama University, Jepang)
  • Suprihanto Notodarmojo, Ph.D. (Murdoch University, Australia), Prof.
  • Tresna Dermawan Kunaefi, Dr. (L’Universite de Paris VII-Lyon, Perancis)
  • Yuniati, Ph.D. (Cornell University, Amerika Serikat)

H. Alamat Kontak
Gedung Teknik Lingkungan
Jl. Ganesha No. 10 Bandung 40132
Telp. : +62-22-2502647
Faks : +62-22-2530704
e-mail : tu@tl.itb.ac.id
website : http://www.tl.itb.ac.id