Student Exchange 2016, FTSL dengan Ehime University

exchange2Sebanyak 7 orang Mahasiswa FTSL ITB mengikuti kegiatan Student Exchange ke Jepang tepatnya ke Uhime University. 7 Mahasiswa tersebut ialah Triastika, Shabira, Genniya, Satrio, Rinita.

Mereka tiba di Tokyo, Jepang pada tgl 31 OKtober 2016 dan langsung menuju Matsuyama dengan menggunakan pesawat. Setibanya di Matsuyama Airport, mereka di jemput oleh Prof. Hideaki Yasuhara dan Dr. Aya Yoshinaga, yang merupakan penanggungjawab program student exchange dari Ehime University. Mereka langsung diantar menuju Asrama Miyuki yang berjarak tidak jauh dari kampus hanya 10 menit mengunakan sepeda. Asrama tersebut menyiapkan sepeda untuk kendaraaan sehari hari para mahasiswa.exchange6

Pada hari kedua di Matsuyama mereka sudah harus menuju kampus karena ada kegiatan orientasi bagi mahasiswa international yang mengikuti program student exchange selama 1 bulan, kegiatan ini juga diikuti oleh mahasiswa dari ITB dan UGM. Perjalanan ke kampusa dibantu oleh mahasiswa Ehiem yang bulan lalu mengikuti Student Exchange di ITB yaitu Yuta Irikawa, Koji Hirakawa, Yuto Kubo, dan Yuki Eda.

Selesai kegiatan orientasi, mereka dibagi berdasarkan laboratorium dan professor yang diminati. Mahasiswa ITB terbagi menjadi 2 laboratorium, yaitu :

exchange11Laboratorium Stream Ecology, Dr. Kozo Watanabe (Triastika, Shabira, Genniya) Dr. Yo Miyake (Satrio), dan Area Design Dr. Toru Futagami (Rininta). Pada tanggal 3 November 2016, merupakan hari libur nasional bagi Jepang, yaitu Culture Day. laporan-minggu-2-16Sehingga kegiatan perkuliahan diliburkan. Sebagai gantinya mereka diajak berkunjung ke salah satu kota di Matsuyama yaitu Kota Uchiko, yang merupakan salah satu Kota Tua di Matsuyama. Di Kota Uchiko mereka berkunjung ke salah satu restoran Soba, dimana mereka bisa membuat mie soba, memasak, hingga memakan sendiri mie yang dibuat sendiri. Selama di Jepang para mereka juga mengikuti kelas Bahasa Jepang, kelas Bahasa Jepang diselenggarakan pada hari selasa dan sabtu. Selasa merupakan kelas Grammar (Beginner 1) dan Sabtu merupakan kelas percakapan (Daily Japanese). Selain itu juga mereka menyempatkan diri untuk pergi ke tempat wisata di sekitar Ehime salah satunya Sogo Koen.

laporan-minggu-2-3 Di minggu ke 2 mereka banyak mengikuti Field Trip diantaranya ke Kurushima-Kaikyo Bridges, yang merupakan salah satu jembatan yang menghubungkan antara pulau Shikoku dengan Honsu. Jembatan ini terdiri dari 3 bagian dengan memiliki 6 menara dan 4 anchorages. Selain itu juga mereka mengikuti Field Trip ke Kanugawa DAM. Kanugawa DAM digunakan sebagai cadangan air bersih dan pengontrol banjir. Saat ini, sedang dilakukan proyek peningkatan kapasitas penanggulangan banjir pada Kanugawa DAM. laporan-minggu-2-7Peningkatan kapasitas penanggulangan banjir dilakukan dengan membuat tunnel atau terowongan yang digunakan dalam menyalurkan kelebihan air yang dihasilkan akibat intensitas hujan yang cukup tinggi. Pada tanggal 11 november 2016 mereka menghadiri Seminar dari Prof. Dae Sung Lee, yang merupakan professor dari Dong-A University, Korea. Beliau memaparkan mengenai teknologi dalam proses drilling yang dilakukan pada perusahaan Minyak dan Gas dengan menggunakan teknologi hidrologi. Dan pada tanggal 12,13 November 2016 Ehime University melaksanakan even tahunan yaitu Science and cultural festival dan tahun ini merupakan tahun ke-66. Dalam festival ini, banyak yang ditampilkan diantaranya percobaan ilmiah untuk anak-anak, pertunjukan ekstrakulikuler mahasiswa, dan bazaar mahasiswa.

Berita Terkait