Workshop GKM FTSL

Kamis (05/11/2015) Tim Gugus Kendali Mutu Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan yang diketuai oleh Dr.Ir. Saptahari M. Soegiri Poetra dengan anggota Ir. Titi Liliani Soedirdjo, M.Sc. yang mewakili Program Studi Tekik Sipil,Ir. Puji Lestari, Ph.D. mewakili Teknik Lingkungan, dan Dr. Nita Yuanita, ST, MT mewakili Teknik Kelautan mengadakan kegiatan Workshop yang berlangsung di Hotel Crowne Plaza Bandung. Acara yang di mulai pukul 9 pagi ini di hadiri oleh Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan Prof. Ir. Ade Sjafruddin, M.Sc., Ph.D, Wakil Dekan Bidang Akademik Ir. Irsan Soemantri Brodjonegoro, Ph.D, Wakil Dekan Bidang Sumber Daya Ir. Indah Rachmatilah Siti Salami, M.Sc., Ph.D., dan juga para Dosen Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan.DSC_8535

Acara tersebut merupakan Sosialisasi Prosedur Penjaminan Mutu dan Pengukuran Standar Akademik. Acara tersebut di bagi dalam beberapa sesi, sesi pertama diisi dengan presentasi GKM Fakultas Teknik Sipil da Lingkungan oleh ketua GKM FTSL Dr.Ir. Saptahari M. Soegiri Poetra. Dalam kesempatan tersebut belai menjelaskan tentang Gugus Kendali Mutu Fakultas (GKM-K),GKM Prodi, Fungsi GKM, Tugas GKM, Koordinasi SPM, GKM-F dan GKM-Prodi, serta Prosedur Penjaminan Mutu ITB, dan Standar Mutu Akademik dan Instrumen Pengukuran.

Adapun Gugus Kendali Mutu Fakultas merupakan Organ penjaminan mutu tingkat fakultas yang melakukan penjaminan mutu program Fakultas, dengan fungsi yaitu Perangkat Dekan dalam mengkoordinasikan proses penjaminan mutu terhadap program pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di fakultas dalam upaya mencapai standar mutu yang telah ditetapkan dan menjamin perbaikan berkelanjutan dari program dan kegiatan fakultas.DSC_8558DSC_8552

Selanjutanya untuk sesi kedua yang merupakan presentasi dari masing masing prodi di FTSL, diawali dengan Prodi SI oleh Dyah Kusumastuti, ST, MT, Ph.D. , kemudian prodi Teknik Lingkungan oleh Haryo Satriyo Tomo, S.T., M.T. , dilanjutkan oleh Hendriyawan, ST, MT, Ph.D yang mewakili prodi Teknik Kelautan dan program Studi Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air oleh Dhemi Harlan, Ph.D , serta Dr. Mochammad Chaerul, S.T., M.T. yang mewakili Program Studi Rekayasa Infrastruktur Lingkungan.Sebelum Sesi Ketiga dimulai, para Perserta dipersilahka untuk sholat dan makan siang bersama.

DSC_8580Sesi ketiga ini diisi dengan diskusi kelompok mengenai Standar Mutu Akademik dan Instrumen Pengukuran. Para Peserta dibagi menjadi 3 kelompok yang setiap kelompok terdiri dari lima peserta. Kelompok Pertama yang diketuai oleh Joko Nugroho, ST, MT, Ph.D. dan anggota Dyah Kusumastuti, ST, MT, Ph.D., Dr. Herto Dwi Ariesyady, ST., MT., Ir. Sri Murti Adiyastuti, M.Sc., Ph.D dan Dr. Ir. Dwina Roosmini, M.S. ysng mendiskusikan Standar 1 (Mahasiswa), standar 2 (Dosen), Standar 3 (Tenaga Kependidikan), sementara Kelompok 2 yang diketuai oleh Dr. Nita Yuanita, ST, MT dengan anggota Haryo Satriyo Tomo, S.T., M.T., Hendriyawan, ST, MT, Ph.D, Dr. Mochammad Chaerul, S.T., M.T. dan Dr. Aine Kusumawati, ST., MT, yang membahas mengenai Standar 4 (Fasilitas), standar 5 (Kurikulum), Standar 6 (Kegiatan Akademik . Serta Kelompok 3 yang diketuai oleh Ir. Puji Lestari, Ph.D. dengan anggota Ir. Arief Sudradjat, Ph.D., Ir. Dedi Apriadi, MT. Ph.D serta Wicaksono, ST, MT.

DSC_8625Setiap kelompok diberikan kesempatan untuk memaparkan hasil diskusinya. Selesai pemaparan dari setiap kelompok tentang hasil diskusinya tersebut. Acara Workshop tersebut ditutup dengan kesimpulan yang dibacakan oleh Ketua GKM FTSL Dr.Ir. Saptahari M. Soegiri Poetradan Penutupan oleh wakil dekan Bidang Akademik Ir. Irsan Soemantri Brodjonegoro, Ph.D. Kegiatan tersebut Selesi sekitar pukul 16.00.

Berita Terkait