Enter your keyword

Bapak/Ibu Dosen dan Tendik di FTSL,

Merujuk surat edaran Sekretaris Institut no SE 664/IT1.A/DA.08/2020 tentang masa transisi menuju budaya adaptasi kebiasaan baru (AKB) dan surat Rektor ITB no 348/IT1A/KA01/2020 yang meminta Unit Kerja Akademik mempersiapkan rencana pelaksanaan AKB pada tanggal 11 Juni 2020, dan juga dengan memperhatikan 2 kali pertemuan rapim tanggal 8 dan tgl 11 Juni, dan sambil menunggu Surat Edaran Rektor lebih lanjut terkait AKB (Sudah ada saat ini yaitu Surat Edaran dari SI yg di Share Pak WDS) maka perkenankan saya menyampaikan hal hal sebagai berikut, sebagai antisipasi saja agar kita lebih siap untuk menghadapi implementasi AKB ini

  1. Pada minggu terakhir ini semua fakultas/sekolah termasuk UKP dan UKA lain telah membuat Rencana Implementasi AKB. Semua AKB unit telah di submit ke rektorat pada hari Rabu lalu. Dokumen ini akan memerlukan update sesuai perkembangan COVID-19 dan juga perkembangan kebijakan ITB. Untuk saat ini kita anggap saja AKB FTSL ini adalah versi 1 dan sangat mungkin akan mengalami updating. Ada Tim Penyusun Protokol Re Entry-FTSL (AKB) yg terdiri dari perwakilan seluruh prodi. Pak WDS kalau dianggap perlu silahkan versi 1 AKB FTSL ini di share. Jadi pada saat ini seluruh unit UKA dan UKP di ITB sudah memliki dokumen ini, sebut saja dokumen AKB-1. Saya harap dokumen ini menjadi rujukan kita semua pada saat ini, dan sangat mungkin akan ada kebijakan-kebijakan pada level pusat yang akan muncul kedepan dan juga harus menjadi acuan. Hal ini mengingat kondisi/ perkembangan COVID-19 yang terus dinamis.
  2. Minggu depan kita akan masih harus membatasi yang WFO dengan maksimal 20% dari tendik dan dosen dan sebaiknya dibagi menjadi 2 shift 07:00-11:00 dan 13:00-17:00 sesuai surat edaran dari SI sehingga jumlah yang WFO dalam satu waktu diseluruh FTSL hanya maksimum 10%
  3. Dalam tahap ini marilah kita memperhatikan hal-hal berikut:
    • Semua civitas dan staf yang ditugaskan untuk WFO tetap memperhatikan dan mengikuti setiap protokol kesehatan sesuai ketentuan yang dikeluarkan Tim Satgas Covid 19 ITB
    • Unit kerja mengajukan daftar personil yang ditugaskan kepada Wakil Dekan Sumber Daya untuk masuk kerja sesuai dengan pembagian shift seperti pada butir 2. Daftar penugasan diperbarui per minggu seperti daftar izin akses yang sekarang berjalan. Batas waktu pengajuan adalah hari Kamis untuk jadwal mulai Senin berikutnya.
    • Menghimbau semua dosen dan tendik untuk mengisi survey AMARI secara rutin (setiap hari). Ini untuk jaga jaga apabila sistem screening masuk kampus dalam waktu dekat (setelah usai masa transisi menuju AKB-ITB) sudah berdasarkan survey online yang salah satunya adalah AMARI ini, dimana sistem akan mengenerate QR Code yang bisa di print. Berdasarkan presentasi dari Direktur Sarana Prasarana pada rapim tgl 11 Juni, nantinya screening masuk kampus dilakukan dengan pengecekan temperatur dan scan QR Code di gerbang masuk Selatan Kampus Ganesha, yang terintegrasi dengan sistem buka tutup palang pintu masuk. Evaluasi kesehatan mandiri bisa dibuka di https://amari.itb.ac.id/isian-amari/.

Informasi sementara ini mahasiswa tetap dilarang masuk kampus, dan kita semua sedang diminta untuk mempersiapkan materi perkuliahan daring. Perkuliahan yang terpaksa harus dengan luring (misalnya untuk praktikum) akan memerlukan pengaturan khusus dan disarankan dijadwalkan pada akhir akhir semester (sekitar akhir November atau awal Desember).

Kita tetap menunggu arahan-arahan lebih rinci dari ITB, dan untuk itu mudah mudahan kita bisa bersabar.

Mari kita jaga kesehatan dan semoga kita diberikan kesehatan serta cepat bisa kembali bekerja dengan normal.
Terimakasih atas perhatiannya.

Bandung 12 Juni 2020,
Wass, Edwan Kardena