Enter your keyword

Evaluasi Kurikulum 2013-2018 FTSL-ITB

Evaluasi Kurikulum 2013-2018 FTSL-ITB

Pada hari jumat (6/3/2015) bertempat di ruang aula Alumni Sipil ITB,para Dosen Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan mengadakan pertemuan untuk mensosialisasikan mengenai evaluasi kurikulum 2013-2018 yang sedang berjalan. Acara yang dimulai pada pukul 13.30 ini diawali dengan sambutan dari Dekan FTSL Prof. Ir. Suprihanto Notodarmojo, Ph.D.2 dan Wakil Dekan Bidang Akademik Prof. Ir. Ade Sjafruddin, M.Sc., Ph. D

Selesai Dekan memberikan sambutan, acara langsung dilanjutkan dengan penjelasan dari Ir. Biemo W. Soemardi, M.Sc., Ph.D. selaku Ketua Satgas Kurikulum Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan. Dalam Penjelasannya beliau menyampaikan tujuan Evaluasi Kurikulum menurut S.Hamid Hasan ( UPI,2011 ) ada 6 point yaitu :

  1. Menentukan Relevansi
  2. Mengukur / menentukan tingkat keberhasilan / capaian
  3. Mengukur effectiveness
  4. Mendeskripsikan kondisi pelaksanaan
  5. Masukan untuk perbaikan
  6. Menentukan status kurikulum

CaptureNamun hanya 4 point pertama yang menjadi focus utama.
Selain itu beliau menjelaskan tentang rujukan penyusunan kurikulum yang berdasarkan SK Senat Akademik Nomor 11/SK/11-SA/OT/2012 Tentang Pedoman Kurikulum 2013-2018 ITB, yaitu :
Empat paradigma penyusunan kurikulum 2013-2018

  •  Pendidikan yang berbasiskan capaian (Outcomes Based Education – OBE )
  • Pendidikan yang berpusat pada pembelajaran (Learner Centered Education – LCE ),
  • Perbaikan berkelanjutan ( Continuous Improvement ), dan
  • Akreditasi dan …. Internasional ( International Accreditation and Benchmarking )

objek evaluasi Selain itu beliau juga mengatakan bahwa kita dapat merubah kurikulum di tengah jalan tanpa harus menunggu 5 tahun setelah berakhirnya kurikulum.
Lalu beliau juga menjelaskan mengenai aspek kunci pada evaluasi kurikulum 2013-2018 diantaranya :

1. Fleksibilitas kurikulum, dengan catatan perubahan terbatas pada silabus tanpa mengubah tujuan pembelajaran
2. Tema perancangan integrasi S1-S2-S3 ,dengan catatan program sarjana (S1); capstone design; coherence; comprehensive
3. Kuliah bersama / cross-listed, dengan catatanTPB ( PRD; GarTek), common course; metodologi penelitian, philosopi ilmu pengetahuan
4. Kuliah-kuliah pilihan, dengan catatan khususnya program S1
5. Persyaratan Akreditasi, dengan catatan kesesuaian kurikulum terhadap persyaratan akreditasi
6. Keefektivan proses, dengan catatan proses pendidikan dan pembelajaran

8Selesai Ir. Biemo W. Soemardi, M.Sc., Ph.D. memberikan penjelasan beliau memberikan kesempatan kepada setiap prodi untuk mempresentasikan hasil evaluasi kurikulumnya.
Diawali dari Prodi Teknik Lingkungan yang diwakili oleh Ir. Agus Jatnika Effendi, PhD. Beliau menjelaskan hasil dari evaluasi kurikulum 2013 -2018 dari mulai program studi S1 Teknik Lingkungan,S1 Rekayasa Infrastruktur Lingkungan, S2 Teknik Lingkungan, S2 Pengelolaan Infrastruktur Air dan Sanitasi dan juga S3 Teknik Lingkungan. Beliau menjelaskan tentang sumber dan materi evaluasi kurikulum 2013 teknik Lingkungan diantaranya :

  1. Kuisioner mahasiswa semester 1 & 2 2013-2014 serta semester 1 2014-2015
  2. Portofolio materi kuliah semester 1 & 2 2013–2014 serta semester 1 2014-2015
  3. Berita acara perkuliahan
  4. Wawancara dengan para KaProdi
  5. Informasi langsung dari pengampu materi kuliah

Selain itu beliau juga memberikan catatan penting mengenai :

  1. Mobilitas & penjadwalan dosen
    • Dosen tetap ITB
    • Dosen dari kalangan Profesional
    • Residensi dosen
    • Kontak dengan mahasiswa
  2. Ruang lingkup tesis / final project
    • Engineering
    • Management
  3. Sistem penjaringan
  4. Kualitas tesis

Dr. Russ Bona Frazila, ST, MT kemudian memberikan penjelasan dari hasil evaluasi kurikulum dari Teknik Sipil, mulai dari program studi S1 Teknik Sipil, S2 Teknik Sipil, dan juga S3 Teknik Sipil. Beliau menjelasakan tentang hasil evaluasi diantaranya

  1. penguasaan Materi dosen Sangat baik,
  2. Cara berkomunikasi dosen Baik – Sangat baik,
  3. Penggunaan waktu dosen Baik – Sangat baik,
  4. Persiapan kuliah Baik – Sangat baik,
  5. Sikap Response dosen Baik – Sangat baik,
  6. Penguasaan materi mahasiswa baik

Sebelum dilanjutkan kembali, para dosen diberikan waktu untuk istirahat dan menikmati cemilan serta kopi dan teh yang disediakan. Setelah beristirahat selama 10 menit acara dilanjutkan kembali.7

Dilanjutkan dari Teknik Kelautan oleh Dr. Paramashanti, ST.,MT. memberikan penjelasan mengenai hasil evaluasinya mulai dari program studi S1 Teknik Kelautan dan S2 Teknik Kelautan. Beliau menjelaskan mengenai Referensi dan Sumber Data yang didapat diantaranya :

  1. Panduan evalusi kurikulum 2013 LP4-ITB
  2. Dokumen kurikulum 2013 Teknik Kelautan
  3. Berita acara perkuliahan tahun ajaran 2013-2014
  4. Daftar nilai akhir perkuliahan tahun ajaran 2013-2014
  5. Kuisioner Mahasiswa perkuliahan tahun ajaran 2013-2014
  6. Course Assessment perkuliahan tahun ajaran 2013-2014

Kemudian dari Prodi Sarjana Teknik Dan Pengelolaaan Sumber Daya Air dan magister Pengelolaan Sumber Daya Air yang diwakili oleh Dr.Eng. Arno Adi Kuntoro, S.T.,M.T. menurut penjelasan beliau adapun yang evaluasi dari kurikulum 2013 meliputi 3 yaitu:

  1. Rancangan
  2. Operasional
  3. Lulusan

Namun yang lebih difokuskan lebih kepada aspek operasional diantaranya :

  1. Penyelenggaraan perkuliahan, meliputi :
    • Kesesuaian dengan silabus
    • Jumlah / jenis pertemuan
    • Masalah yang dihadapi
    • Suasana pembelajaran
  2. Luaran : pencapaian luaran yang diharapkan oleh mahasiswa
  3. Sumber dan fasilitas : meliputi
    • Dosen dan asisten
    • Laboratorium
    • Perpustakaan
  4. Bottleneck : lama masa studi, komponen kurikulum yang memperlambat studi
  5. Penanganan masalah : kesiapan mahasiswa, mekanisme untuk membantu masalah mahasiswa

tingkat keberhasilan

Selanjutnya hasil dari keseluruhan evaluasi kurikulum 2013 – 2018 ini akan diberikan kepada SPM ( Satuan Penjamin Mutu ).