Enter your keyword

PHKI Program Studi Teknik Lingkungan Menyelenggarakan Pelatihan Software HEC-RAS

Program Hibah Kompetisi Institusi (PHKi) Program Studi Teknik Lingkungan FTSL-ITB kerjasama dengan UKSI Teknik Sipil, melaksanakan Pelatihan Software HEC-RAS pada tanggal 8 Juni 2009 mulai pukul 08:00 s.d. 16:30 WIB di Laboratorium Komputer Teknik Lingkungan dan di Laboratorium Komputer Teknik Sipil – ITB, Jalan Ganesha 10 Bandung.

Peserta pelatihan mencapai 74 orang (semuanya adalah mahasiswa FTSL-ITB peserta kuliah  Drainase dan Sewerage)  serta 14 asisten yang terlibat dalam mata kuliah Drainase dan Sewerage.

HEC-RAS (Hydrologic Engineering Center – River Analysis System) merupakan salah satu software teknik, dikembangkan di Hydrologic Engineering Center (HEC) yang merupakan bagian dari Institutes of Water Resources, US Army Corps of Engineer (USACE). Software ini dapat melakukan pemodelan satu dimensi untuk: aliran steady, aliran unsteady, angkutan sedimen dan pemodelan kualitas air. Pada pelatihan ini diberikan pengenalan program Hecras kepada mahasiswa yang mengambil Mata Kuliah Drainase dan Sewerage yang nantinya diharapkan mahasiswa tersebut dapat menerapkan dan mengembangkannya, terutama  dalam penggunaannya dalam bidang drainase dan sewerage.