Pengelolaan Udara dan Limbah

KK Pengelolaan Udara dan Limbah (KK PUL) adalah salah sebuah dari 3 (tiga) KK yang sebelum tahun 2006 berada di lingkungan Departemen Teknik Lingkungan ITB, dikembangkan  sejak  dilakukan transformasi ITB. Kelompok Keahlian ini dibentuk sejak Januari 2006, sejalan dengan perubahan struktur organisasi di ITB, dimana Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) berubah menjadi Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL). KK ini terkait erat dengan 2 laboratorium yang selama ini telah ada, yaitu Laboratorium Buangan Padat dan B3 dan Laboratorium Kualitas Udara. Kedua laboratorium tersebut sampai saat ini adalah satu-satunya laboratorium di lingkungan Pendidikan Tinggi yang bergerak dalam isu permasalahan limbah padat dan kualitas udara.  Kedua laboratorium tersebut saat ini merupakan sarana penunjang utama bagi Staf Pengajar/Peneliti yang tergabung dalam KK PUL dalam bidang pendidikan, penelitian dan kegiatan-kegiatan profesional terkait.

Seluruh anggota KK tersebut mempunyai kualifikasi pendidikan pasca-sarjana dari perguruan tinggi bereputasi, yaitu: Perancis, Amerika Serikat, Inggris, Austria, Jepang, Thailand dan Indonesia. Anggota KK mempunyai kualifikasi dan pengalaman yang terkait dengan pengelolaan dan teknologi limbah padat dan pengendalian pecemaran udara, baik sebagai pengajar, peneliti maupun dalam berkarya secara profesional. Saat ini terdapat 12 orang yang mempunyai pendidikan S3 dan 5 orang berpendidikan S2, yang mana 2 orang yang berpendidikan S2 tersebut sedang menyelesaikan studi S3 dan 1 orang yang akan segera melanjutkan studi S3.

KK PUL terbagi menjadi 4 (empat) sub-KK, yaitu:

  • Pengelolaan Limbah Padat dan B3
  • Teknologi Pengolahan Limbah Padat dan B3
  • Pengelolaan Kualitas Udara
  • Teknologi Pengendalian Pencemaran Udara.

 Dalam peneitian, secara aktif anggota KK ini terlibat dalam penelitian-penelitian kompetitif, seperti melalui SIDA, CIDA, GIZ, Euro-Asia Link, ICLEI, NASA, NUS_US Navy, DepHub bersama KK lain membentuk PP tentang Perubahan Iklim (lingkup ITB) Hibah Bersaing, RUT, Voucher, IPTEK, hibah-hibah penelitian  yang didanai oleh ITB dan Dikti lainnya. Anggota KK-PUL secara aktif terlibat dalam pengembangan panduan, manual, standar, dan regulasi yang dibutuhkan untuk Indonesia, khususnya yang terkait dengan isu permasalahan pengelolaan limbah padat, limbah B3 dan kualitas udara. Kelompok ini berkontribusi secara signifikan dalam penyiapan UU-18/2008 tentang Pengelolaan Persampahan yang telah disiapkan sejak tahun 2001, dan RUU tentang Pengelolaan Kualitas  Udara yang disiapkan sejak tahun 2006.  Kelompok ini juga banyak memperolah kepercayaan dalam penelitian aplikatif dengan Kementerian dan Lembaga Penelitian dan Pengembangan, seperti Kementerian Pekerjaan Umum, Litbang Permukiman PU, BPPT, Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), atau dari sektor swasta seperti Chevron, Freeport, Krakatau Steel, Kaltim Prima Coal, Indocement, Coal Fired Power Plant, Aneka Tambang, Total Indonesie, Central Java Power, ICA, industri kertas dan tekstil, serta lembaga riset lainnya. Road map penelitian KK PUL periode 2006-2011 terlihat pada Gambar 1, dan roadmap tersebut masih menjadi acuan pengembangan roadmap KK sampai dengan saat ini. Garis besar kegiatan yang berlangsung di KK PUL akan dijelaskan pada Road map di bagian II.2.

Sampai saat ini anggota KK ini secara aktif terlibat dalam pengembangan panduan, manual, standar, dan regulasi yang dibutuhkan untuk Indonesia, khususnya yang terkait dengan isu permasalahan pengelolaan limbah padat, limbah B3 dan kualitas udara. Kelompok ini berkontribusi secara signifikan dalam penyiapan dua rencana undang-undang, yaitu RUU tentang Pengelolaan Persampahan yang telah disiapkan sejak tahun 2001, RUU tentang Pengelolaan Kualitas Udara yang disiapkan sejak tahun 2006, PP tentang Perubahan Iklim.

Kelompok ini juga banyak memperoleh kepercayaan dalam penelitian aplikatif dengan Departemen dan Lembaga Penelitian dan Pengembangan, seperti Litbang Permukiman PU, Direktorat Jendral Kementerian PU, BPPT, Kementerian Lingkungan Hidup, atau dari sektor swasta seperti Chevron, Freeport, Krakatau Steel, Kaltim Prima Coal, Indocement, Coal Fired Power Plant, Aneka Tambang, Total Indonesie, Central Java Power, ICA, industri kertas dan tekstil, serta lembaga riset lainnya.

Agenda Penelitian
Solid Waste Management and Air Quality Control

Road Map

Anggota Kelompok Keahlian

Ketua Prof. Ir. Puji Lestari, Ph.D. Puji Lestari 196005271988032001
Anggota Prof. Dr. Ir. Enri Damanhuri Enri Damanhuri 194907121977011001
Anggota Adyati Pradini Yudison, ST., MT.
Anggota Dr. Asep Sofyan, ST., MT. Asep Sofyan 197109301998021001
Anggota Dr. Benno Rahardyan, ST., MT. Benno Rahardyan
Anggota Dr. Emenda Sembiring, ST., MT., M.Eng.Sc. Emenda Sembiring 197407051999032002
Anggota Haryo Satriyo Tomo, ST., MT. Haryo Satriyo Tomo
Anggota Dr. I Made Wahyu Widyarsana, ST., MT.
Anggota Dr. Kania Dewi, ST., MT. Kania Dewi 197208281997022001
Anggota Dr. Moch. Chaerul, ST., MT.
Anggota Drs. Moch. Irsyad, M.Si. Moh.-Irsyad-195711241979031001-198x300
Anggota Dr. Opy Kurniasari, ST., MT. Opy Kurniasari 111000052
Anggota Dr. Ir. Raden Driejana, MSCE. driejana
Anggota Seny Damayanti.,ST., MT
Anggota Sukandar, S.Si., MT., Ph.D. Sukandar 197310122006041001
Anggota  Ulfi Muliane, ST., MT
Anggota Nadiyatur Rahmatikal Wasi’ah., ST., MT
Anggota Dr. Ir. Tri Padmi

 

Alamat Kontak :
KK Pengelolaan Udara dan Limbah,
Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan,
Institut Teknologi Bandung
Jl. Ganesha 10 Bandung
Telp. +62-22-2504952 local: 8676