SEJARAH
Prodi Magister Sistem dan Teknik Jalan Raya (STJR) pada awalnya diselenggarakan sebagai Program Pendidikan Pasca Sarjana Jalan Raya non-gelar mulai tahun 1975. Program ini dapat dikatakan sebagai salah satu perintis program pasca sarjana di ITB dan diselenggarakan dengan bekerja sama dengan Departemen Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik (PUTL) serta didukung oleh tenaga pengajar luar negeri (Belanda, Jepang). Dalam perkembangannya program ini berubah menjadi Prodi Magister STJR mulai tahun 1982 dan terus berjalan dan berkembang sampai saat ini. Dalam perkembangannya Prodi Magister STJR terus bekerja sama dengan Departemen Pekerjaan Umum serta beberapa universitas Inggris (University of Birmingham, UCL, Leeds University, dll) serta mendapat dukungan pendanaan dari World Bank sampai dengan tahun 2000. Setelah tahun 2000 Prodi Magister STJR diselenggarakan oleh ITB secara mandiri sebagai program reguler sampai saat ini.
Saat ini Prodi Magister STJR berada di bawah naungan Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan ITB.
Tantangan yang Dihadapi
Jalan sebagai tulang punggung sistem transportasi karena sifat pelayanannya yang door-to-door, saat ini di Indonesia masih memerlukan peningkatan dari sisi kuantitas maupun kualitas. Masih terdapat banyak tantangan yang harus diselesaikan, baik dari aspek perencanaan, desain, pelaksanaan (konstruksi), pemeliharaan, maupun yang sifatnya evaluatif seperti aspek keselamatan lalulintas, dampak lingkungan dan sosial, ekonomi maupun finansial (pembiayaan). Hal ini mengingat saat ini dan mungkin sampai 10 tahun ke depan, kinerja sistem transportasi jalan masih sangat membutuhkan peningkatan, terutama dari sisi sumber daya manusia baik pengelola (pemerintah), perencana, perancang maupun pelaksana (pemerintah dan swasta).
Tujuan Pendidikan
Tujuan Pendidikan Prodi Magister STJR adalah menghasilkan lulusan yang berakhlak yang:
- Mempunyai kemampuan mengembangkan dan memutakhirkan ilmu pengetahuan yang terkait dengan perencanaan, pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur jalan dan transportasi berkelanjutan, dengan cara menguasai dan memahami, pendekatan, metode, kaidah ilmiah disertai keterampilan penerapannya;
- Mempunyai kemampuan memecahkan permasalahan di bidang keahlian yang berkaitan dengan infrastruktur jalan dan transportasi melalui kegiatan penelitian dan pengembangan berdasarkan kaidah ilmiah;
- Mempunyai kemampuan mengembangkan etika dan kinerja professional, yang ditunjukkan dengan ketajaman analisis permasalahan, keserbacakupan tinjauan, dan keterpaduan pemecahan masalah.
Capaian Pembelajaran Lulusan
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Prodi Magister STJR adalah:
- Memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi, memformulasi, dan memecahkan permasalahan rekayasa yang kompleks dengan menerapkan prinsip-prinsip teknis, sains, dan matematik;
- Memiliki kemampuan untuk merancang dan melakukan eksperimen atau penelitian di bidang rekayasa, serta melakukan analisis dan intrepretasi data, serta menggunakan penilaian teknis untuk mengambil Kesimpulan;
- Memiliki kemampuan untuk menerapkan desain teknis untuk menghasilkan solusi-solusi yang memenuhi kebutuhan, dengan mempertimbangkan aspek kesehatan masyarakat, keselamatan, kesejahteraan, kebudayaan, sosial, lingkungan, dan ekonomi;
- Memiliki kemampuan menerapkan etika dan tanggungjawab profesi pada masalah kerekayasaan serta membuat penilaian yang akuntabel dengan mempertimbangkan dampak solusi teknis dalam konteks global, ekonomi, lingkungan, dan kemasyarakatan;
- Memiliki kemampuan untuk memperoleh dan menerapkan pengetahuan baru yang dibutuhkan, dengan menggunakan strategi pembelajaran yang sesuai;
- Memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif dan bekerjasama dalam suatu tim yang berlandaskan kepemimpinan dalam lingkungan yang kolaboratif dan inklusif, untuk menetapkan sasaran, merencanakan tugas, dan memenuhi tujuan.
Akreditasi
No. | Status Akreditasi | Lembaga Akreditasi | Masa Berlaku | No. Surat Keputusan |
1 | Unggul | BAN-PT | 12 November 2024 – 13 Desember 2025 | 6716/SK/BAN-PT/Ak.KP/M/XI/2024 |
2 | A | BAN-PT | 13 Desember 2020 – 13 Desember 2025 | 8220/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/M/XII/2020 |
3 | A | BAN-PT | 12 Desember 2015 – 12 Desember 2020 | 1198/SK/BAN-PT/Akred/M/XII/2015 |
4 | A | BAN-PT | 03 Juni 2011 – 03 Juni 2016 | 001/BAN-PT/Ak-IX/S2/VI/2011 |
5 | A | BAN-PT | 21 Desember 2005 – 21 Desember 2010 | 00576/Ak-IV/S2-012/ITBTJR/XII/2005 |
Penerimaan Mahasiswa
Penerimaan mahasiswa pada Program Studi Magister Sistem dan Teknik Jalan Raya mengacu kepada aturan nasional pada SN Dikti tahun 2023 pada pasal 36-38, serta kebijakan yang ada di Institut Teknologi Bandung.
Kualifikasi Calon Mahasiswa
Untuk dapat mengikuti Program Studi Magister Sistem dan Teknik Jalan Raya dengan baik, calon mahasiswa perlu memiliki latar belakang pendidikan setara Sarjana (S1) dalam bidang Teknik Sipil. Calon mahasiswa harus pula memenuhi persyaratan nilai TOEFL dan TPA Bappenas sesuai standar minimum ITB, disamping lulus seleksi kemampuan akademik yang diselenggarakan oleh Prodi.
Tata Cara Penerimaan Mahasiswa
Tata cara penerimaan mahasiswa di program Magister Sistem dan Teknik Jalan Raya dilakukan pada semester ganjil mengikuti aturan akademik nasional dan ITB. Proses seleksi calon mahasiswa program Magister SIstem dan Teknik Jalan Raya dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu:
- Tahapan seleksi admintrasi melalui penerimaan terpusat di ITB;
- Tahapan seleksi subtansi, melalui ujian tulis terkait konsep dasar yang diperlukan untuk masuk ke dalam program magister sistem dan teknik jalan raya. Proses ini dilaksanakan dengan hadir langsung ke ITB dan diawasi oleh pengawas dari ITB;
- Tahapan seleksi wawancara, tahapan ini dilakukan untuk memverifikasi asil ujian tulis sekaligus mengelaborasi lebih dalam kesiapan calon mahasiswa baik dari sisi subtansi, rencana tesis hingga aspek lain yang mendukung proses perkuliahan di Prodi Magister STJR.
Jalur Perkuliahan
Sesuai dengan cakupan bidang ilmu/keahlian yang terkait dengan Program Magister Sistem dan Teknik Jalan Raya, terdapat tiga jalur perkuliahan yang dapat dipilih oleh mahasiswa, yaitu:
- Jalur Rekayasa Jalan
- Jalur Rekayasa Lalu Lintas
- Jalur Rekayasa Transportasi
Selain itu, terdapat dua jalur proses pendidikan yang dapat diikuti oleh mahasiswa, yaitu:
- Jalur Perkuliahan dengan Tesis Riset
- Jalur Perkuliahan dengan Studi Kasus (khusus mahasiswa yang diterima melalui skema kerja sama pendidikan)
Beban Studi dan Masa Tempuh
Beban studi pada Program Magister Sistem dan Teknik Jalan Raya adalah 54 (lima puluh empat) satuan kredit semester, yang terdiri dari:
- Mata Kuliah Wajib Institut : 7 sks
- Mata Kuliah Wajib Program Studi : 21 sks
- Mata Kuliah Wajib Jalur Program Studi : 16 sks
- Mata Kuliah Pilihan : 10 sks
Beban studi tersebut dirancang dapat diselesaikan dalam waktu 4 (empat) semester.
Struktur Kurikulum Program Studi STJR
Struktur kurikulum Program Studi Magister Sistem dan Teknik Jalan Raya untuk Jalur Perkuliahan dengan Tesis Riset dan Jalur Perkuliahan dengan Studi Kasus adalah sebagai berikut :
Struktur Mata Kuliah Jalur Rekayasa Jalan (Jalur Perkuliahan dengan Tesis Riset)
Semester I | Semester II | ||||||||
No | Kode | Nama Mata Kuliah | sks | p | No | Kode | Nama Mata Kuliah | sks | p |
1 | SJ 5101 | Metodologi Penelitian | 3 | 1 | SJ 5091 | Tesis 1 | 4 | ||
2 | SJ 5102 | Pemodelan Transportasi | 4 | 2 | WI 7001 | Literasi Digital, AI, dan Etika Akademik | 2 | ||
3 | SJ 5103 | Rekayasa Lalu Lintas Lanjut | 3 | 3 | SJ 5212 | Rekayasa Perkerasan dan Geoteknik | 4 | v | |
4
|
SJ 5112 | Rekayasa Bahan Konstruksi Jalan | 4 | v | 4 | SJ 52xx | Mata Kuliah Pilihan 1 | 4 | |
5 | SJ 5111 | Perancangan Geometrik Jalan Lanjut | 4 | 5 | SJ 52xx | Mata Kuliah Pilihan 2 | 3 | ||
Total | 18 | Total | 17 | ||||||
Semester III | Semester IV | ||||||||
No | Kode | Nama Mata Kuliah | sks | p | No | Kode | Nama Mata Kuliah | sks | p |
1 | SJ 6091 | Tesis 2 | 5 | 1 | SJ 6092 | Sidang Magister | 2 | ||
2 | SJ 6101 | Kajian Proyek Transportasi | 5 | ||||||
3 | SJ 6112 | Pembangunan dan Pemeliharaan Jalan | 4 | ||||||
4 | SJ 61xx | Mata Kuliah Pilihan 3 | 3 | ||||||
Total | 17 | Total | 2 |
Keterangan: p = praktikum
Struktur Mata Kuliah Jalur Rekayasa Jalan (Jalur Perkuliahan dengan Studi Kasus)
Semester I | Semester II | ||||||||
No | Kode | Nama Mata Kuliah | sks | p | No | Kode | Nama Mata Kuliah | sks | p |
1 | SJ 5101 | Metodologi Penelitian | 3 | 1 | SJ 5092 | Studi Kasus 1 | 3 | ||
2 | SJ 5102 | Pemodelan Transportasi | 4 | 2 | WI 7001 | Literasi Digital, AI, dan Etika Akademik | 2 | ||
3 | SJ 5103 | Rekayasa Lalu Lintas Lanjut | 3 | 3 | SJ 5212 | Rekayasa Perkerasan dan Geoteknik | 4 | v | |
4 | SJ 5112 | Rekayasa Bahan Konstruksi Jalan | 4 | v | 4 | Mata Kuliah Pilihan 1 | 4 | ||
5 | SJ 5111 | Perancangan Geometrik Jalan Lanjut | 4 | 5 | Mata Kuliah Pilihan 2 | 3 | |||
Total | 18 | Total | 16 | ||||||
Semester III | Semester IV | ||||||||
No | Kode | Nama Matakuliah | sks | p | No | Kode | Nama Matakuliah | sks | p |
1 | SJ 6092 | Studi Kasus 2 | 4 | 1 | SJ 6093 | Ujian Komprehensif | 2 | ||
2 | SJ 6101 | Kajian Proyek Transportasi | 5 | 2 | SJ 6092 | Sidang Magister | 2 | ||
3 | SJ 6112 | Pembangunan dan Pemeliharaan Jalan | 4 | ||||||
4 | SJ 61xx | Mata Kuliah Pilihan 3 | 3 | ||||||
Total | 16 | Total | 4 |
Keterangan: p = praktikum
Struktur Mata Kuliah Jalur Rekayasa Lalu Lintas (Jalur Perkuliahan dengan Tesis Riset)
Semester I | Semester II | ||||||||
No | Kode | Nama Mata Kuliah | sks | p | No | Kode | Nama Mata Kuliah | sks | p |
1 | SJ 5101 | Metodologi Penelitian | 3 | 1 | SJ 5091 | Tesis 1 | 4 | ||
2 | SJ 5102 | Pemodelan Transportasi | 4 | 2 | WI 7001 | Literasi Digital, AI, dan Etika Akademik | 2 | ||
3 | SJ 5103 | Rekayasa Lalu Lintas Lanjut | 3 | 3 | SJ 5222 | Operasi dan Kendali Lalu Lintas | 4 | ||
4 | SJ 5121 | Perilaku Lalu Lintas dan Model Ekonometrik Transportasi | 4 | 4 | SJ 52xx | Mata Kuliah Pilihan 1 | 4 | ||
5 | SJ 5111 | Perancangan Geometrik Jalan Lanjut | 4 | 5 | SJ 52xx | Mata Kuliah Pilihan 2 | 3 | ||
Total | 18 | Total | 17 | ||||||
Semester III | Semester IV | ||||||||
No | Kode | Nama Matakuliah | sks | p | No | Kode | Nama Matakuliah | sks | p |
1 | SJ 6091 | Tesis 2 | 5 | 1 | SJ 6092 | Sidang Magister | 2 | ||
2 | SJ 6101 | Kajian Proyek Transportasi | 5 | ||||||
3 | SJ 6122 | Rekayasa Keselamatan Jalan | 4 | ||||||
4 | SJ 61xx | Mata Kuliah Pilihan 3 | 3 | ||||||
Total | 17 | Total | 2 |
Keterangan: p = praktikum
Struktur Mata Kuliah Jalur Rekayasa Lalu Lintas (Jalur Perkuliahan dengan Studi Kasus)
Semester I | Semester II | ||||||||
No | Kode | Nama Mata Kuliah | sks | p | No | Kode | Nama Mata Kuliah | sks | p |
1 | SJ 5101 | Metodologi Penelitian | 3 | 1 | SJ 5092 | Studi Kasus 1 | 3 | ||
2 | SJ 5102 | Pemodelan Transportasi | 4 | 2 | WI 7001 | Literasi Digital, AI, dan Etika Akademik | 2 | ||
3 | SJ 5103 | Rekayasa Lalu Lintas Lanjut | 3 | 3 | SJ 5222 | Operasi dan Kendali Lalu Lintas | 4 | ||
4 | SJ 5121 | Perilaku Lalu Lintas dan Model Ekonometrik Transportasi | 4 | 4 | SJ52xx | Mata Kuliah Pilihan 1 | 4 | ||
5 | SJ 5111 | Perancangan Geometrik Jalan Lanjut | 4 | 5 | SJ52xx | Mata Kuliah Pilihan 2 | 3 | ||
Total | 18 | Total | 16 | ||||||
Semester III | Semester IV | ||||||||
No | Kode | Nama Matakuliah | sks | p | No | Kode | Nama Matakuliah | sks | p |
1 | SJ 6092 | Studi Kasus 2 | 4 | 1 | SJ 6093 | Ujian Komprehensif | 2 | ||
2 | SJ 6101 | Kajian Proyek Transportasi | 5 | 2 | SJ 6092 | Sidang Magister | 2 | ||
3 | SJ 6122 | Rekayasa Keselamatan Jalan | 4 | ||||||
4 | SJ 61xx | Mata Kuliah Pilihan 3 | 3 | ||||||
Total | 16 | Total | 4 |
Keterangan: p = praktikum
Struktur Mata Kuliah Jalur Rekayasa Transportasi (Jalur Perkuliahan dengan Tesis Riset)
Semester I | Semester II | ||||||||
No | Kode | Nama Mata Kuliah | sks | p | No | Kode | Nama Mata Kuliah | sks | p |
1 | SJ 5101 | Metodologi Penelitian | 3 | 1 | SJ 5092 | Tesis 1 | 3 | ||
2 | SJ 5102 | Pemodelan Transportasi | 4 | 2 | WI 7001 | Literasi Digital, AI, dan Etika Akademik | 2 | ||
3 | SJ 5103 | Rekayasa Lalu Lintas Lanjut | 3 | 3 | SJ 5233 | Simulasi dan Optimasi dalam Rekayasa Transportasi | 4 | ||
4 | SJ 5132 | Perencanaan dan Kebijakan Transportasi | 4 | 4 | SJ 52xx | Mata Kuliah Pilihan 1 | 4 | ||
5 | SJ 5131 | Ekonomi Transportasi | 4 | 5 | SJ 52xx | Mata Kuliah Pilihan 2 | 3 | ||
Total | 18 | Total | 17 | ||||||
Semester III | Semester IV | ||||||||
No | Kode | Nama Matakuliah | sks | p | No | Kode | Nama Matakuliah | sks | p |
1 | SJ 6091 | Tesis 2 | 5 | 1 | SJ 6092 | Sidang Magister | 2 | ||
2 | SJ 6101 | Kajian Proyek Transportasi | 5 | ||||||
3 | SJ 6134 | Sistem Angkutan Umum | 4 | ||||||
4 | SJ 61xx | Mata Kuliah Pilihan 3 | 3 | ||||||
Total | 17 | Total | 2 |
Keterangan: p = praktikum
Struktur Mata Kuliah Jalur Rekayasa Transportasi (Jalur Perkuliahan dengan Studi Kasus)
Semester I | Semester II | ||||||||
No | Kode | Nama Mata Kuliah | sks | p | No | Kode | Nama Mata Kuliah | sks | p |
1 | SJ 5101 | Metodologi Penelitian | 3 | 1 | SJ 5092 | Studi Kasus 1 | 3 | ||
2 | SJ 5102 | Pemodelan Transportasi | 4 | 2 | WI 7001 | Literasi Digital, AI, dan Etika Akademik | 2 | ||
3 | SJ 5103 | Rekayasa Lalu Lintas Lanjut | 3 | 3 | SJ 5233 | Simulasi dan Optimasi dalam Rekayasa Transportasi | 4 | ||
4 | SJ 5132 | Perencanaan dan Kebijakan Transportasi | 4 | 4 | SJ 52xx | Mata Kuliah Pilihan 1 | 4 | ||
5 | SJ 5131 | Ekonomi Transportasi | 4 | 5 | SJ 52xx | Mata Kuliah Pilihan 2 | 3 | ||
Total | 18 | Total | 16 | ||||||
Semester III | Semester IV | ||||||||
No | Kode | Nama Matakuliah | sks | p | No | Kode | Nama Matakuliah | sks | p |
1 | SJ 6092 | Studi Kasus 2 | 4 | 1 | SJ 6093 | Ujian Komprehensif | 2 | ||
2 | SJ 6101 | Kajian Proyek Transportasi | 5 | 2 | SJ 6092 | Sidang Magister | 2 | ||
3 | SJ 6134 | Sistem Angkutan Umum | 4 | ||||||
4 | SJ 61xx | Mata Kuliah Pilihan 3 | 3 | ||||||
Total | 16 | Total | 4 |
Keterangan: p = praktikum
Daftar Mata Kuliah Pilihan
Kuliah Pilihan | Konsentrasi terkait | ||||||
No | Kode | Nama Matakuliah | sks | p | K1 | K2 | K3 |
1 | SJ 5202 | Pengembangan dan Pengelolaan Jaringan Transportasi | 4 | 4 | 4 | 4 | |
2 | SJ 5211 | Rekayasa Bahan Jalan Lanjut | 3 | v | 3 | ||
3 | SJ 5213 | Sistem Drainase Kawasan | 3 | 3 | |||
4 | SJ 5221 | Manajemen Lalu Lintas Lanjut | 3 | 3 | |||
5 | SJ 5231 | Rekayasa Infrastruktur Bandara | 3 | 3 | |||
6 | SJ 5232 | Rekayasa Terminal Transportasi | 3 | 3 | |||
7 | SJ 5234 | Transportasi Berkelanjutan dan Tangguh Bencana | 3 | 3 | |||
8 | SJ 6111 | Manajemen Aset Jalan | 3 | 3 | |||
9 | SJ 6113 | Rekayasa Perkerasan Lanjut | 3 | v | 3 | ||
10 | SJ 6114 | Sistem dan Manajemen Jalan Tol | 3 | 3 | |||
11 | SJ 6121 | Analisis Dampak Lalu Lintas dan Lingkungan | 3 | 3 | |||
12 | SJ 6131 | Data Sains dalam Rekayasa Transportasi | 3 | 3 | |||
13 | SJ 6132 | Rekayasa dan Manajemen Perkeretaapian | 3 | 3 | |||
14 | SJ 6133 | Rekayasa Infrastruktur Pelabuhan | 3 | 3 | |||
Total | 43 | 19 | 10 | 22 |
Staf Akademik
Ketua Prodi Magister Sistem dan Teknik Jalan Raya
Aine Kusumawati, S.T., M.T., Ph.D.
STAF AKADEMIK
- Dosen Tetap
Prof. Ir. Rudy Hermawan Karsaman, M.Sc., Ph.D.
Prof. Ir. Harun Al Rasyid Sorah Lubis, M.Sc., Ph.D.
Prof. Ir. Ade Sjafruddin, M.Sc., Ph.D.
Ir. R. Sony Sulaksono Wibowo, M.T, Ph.D.
Aine Kusumawati, S.T., M.T., Ph.D.
Dr. Russ Bona Frazila, S.T., M.T.
Dr. Eri Susanto Hariyadi, S.T, M.T.
Dr. Eng.Widyarini Weningtyas, S.T, M.T.
Dr. Eng. Ir.Febri Zukhruf, S.T, M.T.
Taufiq Suryo Nugroho, S.T., M.T., Ph.D.
Ir. Nasuhi Zain, M.T.
Dr. Iris Mahani, S.T., M.T.
Dr. Mohammad Farid, S.T., M.T.
- Dosen Tidak Tetap:
Prof. Dr. Ir.Bambang Sugeng Subagio, D.E.A.