Enter your keyword

Tim Ganesha-ITB, menjadi Finalis Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI ke-4) Tahun 2008

Tim Ganesha Institut Teknologi Bandung sedang mengikuti Kompetisi Jembatan Indonesia keempat (KJI ke-4) tahun 2008 yang diselenggarakan oleh DITJEN DIKTI-DEPDIKNAS bekerja sama dengan Politeknik Negeri Jakarta. Kompetisi ini diikuti oleh 18 (delapan belas) tim yang mewakili 12 jembatan baja dan 6 jembatan kayu. Ketentuan kompetisi didasarkan atas evaluasi terhadap proposal teknis dan pelaksanaan pembangunan model jembatan di lapangan.

Kompetisi dalam membangun prototype didasarkan atas hasil rancangan yang ditulis pada proposal teknis. Peserta adalah tim yang secara resmi ditugaskan oleh perguruan tinggi di Indonesia. Kompetisi terbuka bagi semua perguruan tinggi di Indonesia, baik disiplin ilmu teknik sipil maupun disiplin ilmu lainnya yang terkait dengan pembuatan jembatan. Pada KJI ke-4, konstruksi jembatan dibuat dengan 2 (dua) jenis kategori bahan, yang pertama jembatan berbahan baja dan kedua adalah jembatan berbahan kayu, dengan bentuk struktur jembatan rangka. Fungsi jembatan adalah untuk lalu-lintas sedang dan dibuat dua lajur. Pada ajang KJI ke-4, konstruksi jembatan dilihat dari bahan yang ramah lingkungan tetapi secara teknis mampu menahan beban arus lau-lintas dan faktor pengaruh alam lainnya.

Tim Ganesha Institut Teknologi Bandung adalah tim dari Program Studi Teknik Sipil – ITB, dengan dosen Pembimbing Dr. Ir. Sigit Darmawan dan ketua tim Chandra Suciadi; beberapa waktu lalu telah mengajukan proposal teknis dan pelaksanaan pembangunan model dengan nama jembatan : “Jembatan Ganesha”. Berdasarkan surat dari Ketua KJI ke-4, Nomor 12/K7.A/KJI/2008, Tanggal 10 Juni 2008 tentang Pengumuman Hasil Evaluasi Tahap 1 Jembatan Baja dan Kayu, dinyatakan bahwaTim Ganesha – ITB telah lolos tahap 1 sehingga dapat mengikuti tahap berikutnya [Tahap Pelaksanaan yang akan berlangsung pada tanggal 9 – 10 Agustus 2008 di Jakarta]