Asia Professional Education Network

Rabu (11/11/2015) bertempat di Gedung Konferensi Asia Afrika (KAA) Bandung, Institut Teknologi Bandung mengadakan Symposium Asia Professional Education Network (APEN) yang merupakan Kegiatan Symposium yang melibatkan negara–negara se Asia-Afrika yang melandaskan hubungan kemitraan pendidikan. APEN Conference on Asia-Africa Aerial and Optical Silk Road yang meliputi :

  1. DSC_8739Aerospace Industry
  2. Aerotropolis Network
  3. Promotion of SMEs
  4. Community Finance
  5. Infrastructure Building
  6. Human Resource Development

Acara yang dihadiri oleh 200 anggota APEN yang tersebar di beberapa Negara ini diantaranya Indonesai, Malaysia, Filipina, Jepang, dan beberapa Negara di kawasan Asia- Afrika.

Dalam kegiatan tersebut tampak hadir dosen Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan yang juga merupakan panitia penyelengara kegiatan tersebut diantaranya Prof. Ir. Ade Sjafruddin, M.Sc., Ph.Dyang juga merupakan ketua pelaksana, Dr. Eng Febri Zukhruf, ST, MT. sebagai Sekretaris, Ir. NR Reini D. Wirahadikusumah., MSCE., Ph.D. sebagai Seksi Acara, Dr.Eng Widyarini Weningtyas, ST, MT. sebagai Seksi Publikasi dan Komunikasi, Dr. Ir. Dwina Roosmini, M.S. dan Dr. Ing. Marisa Handajani, S.T., M.T. sebagai Seksi Konsumsi dan juga Prof.Dr.Ir. Rizal Z. Tamin dan Dr. Harmein Rahman, ST, MT sebagai Seksi Penggalangan Dana.

DSC_8741Acara yang dimulai pada pukul 09.00 ini diawali dengan pembukaan oleh Chairperson of APEN Dr. Shintaro Ishijima. Selesai Chairperson APEN membuka kegiatan dilanjutkan dengan Sambutan dari Rektor Institut Teknologi Bandung Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA. Kemudian Prof. Ir. Ade Sjafruddin, M.Sc., memberikan pidatonya dan dilanjutkan dengan pidato dari Director and CEO, the Development Bank of Southern Africa (DBSA) serta Director, Ministry of Ecomony, Trade and Insustry, Japan Mr. Kyoichi Suzuki.

Kegiatan ini terbagi beberapa sesi diskusi diawali dengan Sesi 1 dengan tema Aerospace Industry Vision 2030 yang diisi oleh Mr. Budi Karya Sumadi sebagi President Director, PT. Angkasa Pura II, Dr. Basauli Umar Lubis (New West Java International Airport and Aerocity, Dr. Budi Santoso sebagi President Director of PT Dirgantara Indonesia. Selesai makan siang Sesi kedua dilanjutkan dengan Tema Global Aerotropolis Network hadir sebagai pembicara Dr. Shintaro Ishijima Chairperson of APEN, Mr. Johnny Patta, MURP (PlanningAdvisor to west Java Governor), Dr. Ir. Rahayu Setyawati Arifin Msc, PT. RAI (Private Aircraft Company) dan dari pihak Garuda Indonesia.DSC_8752

Pada Sesi ketiga yang membahas Industrial Community Building Measures (ICBM) diisi oelh Dr. Seiichi Kawata selaku Dean Of AIIT, Chairperson of Japan Chapter of APEN) dan Prof Mitsuhiro Maeda selaku Secretary General of APEN. Pada Sesi terakhir diisi oleh Mr. Indra Utoyo selaku Innovation and Strategic Portofolio Director of PT Telkom Indonesia, Mr. Takayuki Sotoyama selaku General Manager, Technology Development Laboratory, Panasonic serta Ms. Ko Sasaki selaku General Manager, cyber Security Division, LAC Jepang.

DSC_8802DSC_8756Pada Hari Kedua (12/11/2015) yang dilaksanakan di Aula Barat Institut Teknologi Bandung ini diisi dengan 2 sesi diskusi. Sesi Pertama hadir sebagai pembicara Mr. Fletcher Mckenzie dari The Icarus Institute (USA/ New Zealand), Dr. Hisar M Pasaribu dari ITB, Prof. Anton Adibroto dari Tanri Abeng University dan Dr. Agung Harsoyo dari ITByang menggangkat tema Aerospace Industry Vision 2030.Dan pada Sesi kedua APEN’ challenge yang diisi dengan video session of APEN Director University oleh Prof Nobuo Sasaki dari AIIT, Prof. Mitsuhiro Maeda dari APEN dan Prof. Eugenia Mardanugraha dari University of Indonesia. Acara yang selai pukul 15.30 itu ditutup oleh Mr. Denis Boulet Director of APEN Center, Wakil Rektor ITB, dan juga Dr. Shintaro Ishijima.

APEN 2015

Berita Terkait