International Student Joint Capstone Design Project (i-CAPS)

Kabar baik bagi kamu yang sedang mencari pengalaman merancang dan membuat prototipe secara real  dengan kelompok dan latar belakang majemuk sebelum menjejaki dunia kerja.

International Student Joint Capstone Design Project (i-CAPS) dan International Student Multidisciplinary Design Camp (d-CAMP) merupakan program kerja sama antara 5 universitas ; Institut Teknologi Bandung (Indonesia), Universiti Kebangsaan Malaysia (Malaysia), Nanyang Technological University (Singapore), Tianjing University (Tiongkok) dan National Cheng Kung University (Taiwan)  dengan Innovation Hub Center for Engineering Education (IHCEE), Chonbuk National University (Korea Selatan), konsorsium yang beranggotakan 13 universitas di Korea Selatan.

i-CAPS 2018 akan dilaksanakan dari bulan Januari hingga bulan Oktober 2018. Pada program ini peserta ditantang untuk dapat bekerja sama dalam mencari ide, merancang, dan membuat prototipe sesuai dengan tema/topik yang diberikan. Tim yang terdiri dari mahasiswa berbagai disiplin ilmu rekayasa dan desain produk dari lima negara peserta dan 13 universitas anggota konsorsium Innovation Center for Engineering Education dengan Hub di Chonbuk National University (CBNU). Peserta akan dikelompokkan ke dalam sebuah tim yang terdiri dari 4-7 orang peserta dari 2-3 negara yang berbeda.

Program International Students Multidisiplinary Design Camp (d-CAMP) ke-11 sebagai  pertemuan awal program i-CAPS 2018 akan diselenggarakan di Malaysia pada bulan Februari 2018. Selain menyampaikan design proposal i-CAPS 2018, peserta ditantang untuk dapat bekerja sama dalam mencari ide, merancang, dan membuat prototipe sesuai dengan tema/topik yang diberikan dalam tempo yang relatif singkat.

Setelah berkolaborasi jarak jauh merancang produk dan membuat prototype, tim peserta akan menyajikan prototype hasil rancangan i-CAPS 2018 pada d-CAMP ke-12 yang direncanakan berlangsung pada bulan Agustus/September 2018 di Korea Selatan. Tim Pemenang rancangan, selanjutnya akan diundang untuk mengikuti Engineering Education Fiesta – Capstone Design Fair (E2Festa) yang juga diselenggarakan di Korea Selatan setiap bulan November.

Topik i-CAPS 2018 adalah :

WEARABLE DEVICES

Keyword :

Program ini terbuka untuk mahasiswa ITB semester VII dari salah satu fakultas/sekolah/program studi berikut :

  • Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD)
  • Sekolah Teknik Elektro dan informatika (STEI)
  • Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL)
  • Fakultas Teknologi Industri (FTI)
  • Program Studi Arsitektur
  • Program Studi Desain Produk

 

Persyaratan peserta :

  1. Mahasiswa ITB semester VII (angkatan 2014)
  2. Mahasiswa dapat melamar secara individu atau kelompok.
  3. Setiap kelompok berisikan 2-3 mahasiswa dengan minimal 2 Fakultas/Sekolah yang berbeda.
  4. Mampu bekerja sama dalam kelompok.
  5. Bersedia mengikuti SEMUA kegiatan yang diadakan selama program i-CAPS berlangsung.
  6. Menuruti semua aturan yang berlaku.

 

Formulir pendaftaran dapat diunduh di www.ftmd.itb.ac.id dan www.itb.ac.id

Formulir pendaftaran yang telah dilengkapi dan dilampiri persyaratan yang dibutuhkan dikirimkan ke Dr.Indria Herman (icaps.itb@gmail.com)

Formulir pendaftaran paling lambat diterima tanggal 25 Desember 2017

Pengumuman  hasil seleksi tahap 1 tanggal 7 Januari 2018

Wawancara                                                        8 Januari 2018

Group Discussion                                             9 Januari 2018

Pengumuman seleksi peserta i-CAPS       11 Januari 2018

Workshop Peserta                                           12-13 Januari 2018

 

 

Berita Terkait