Ekskursi Mahasiswa TPB angkatan 2017 ke Ruas Tol Cinere – Jagorawi.

Jumat (13/04/2018) Mahasiswa Tahap Persiapan Bersama angkatan 2017 Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan, mengikuti kegiatan ekskursi ke proyek pembangunan Tol Cinere – Jagorawi Seksi 2. Didampingi 4 Dosen yaitu Dr. Ir. Idwan Santoso, M.Sc., DIC., Dr. Arno Adi Kuntoro, ST., MT., Ir. Biemo W. Soemardi, M.S.E., Ph.D., Dr.Eng. Hendra Achiari, ST., MT. serta 12 Asisten Mata Kuliah KU 1201 – Pengantar Rekayasa dan Desain II dan 11 orang tenaga kependidikan  sebanyak 405 berangkat dari Bandung dengan mengunakan 10 bis dan 1 mobil minibus, rombongan sampai sekitar jam 10, dan di sambut langsung oleh Dirut PT. Translingkar Kita Jaya Ir. Hilman Muchsin, MM., MT. dan Eka Satriades sebagai Site Manager, PT Hutama Karya Infrastruktur serta para jajarannya.

Sebelum para mahasiswa diajakan berkeliling lokasi proyek, para mahasiswa ini wajibkan untuk mengunakan APD (Alat Pelindung Diri) berupa Safety Helmet dan vest. Acara dimulai dengan sambutan dari pihak PT. Translingkar Kita Jaya dan PT Hutama Karya Infrastruktur, selain itu juga Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan yang diwakili oleh Ir. Biemo W. Soemardi, M.S.E., Ph.D., mengungkapkan rasa terima kasih karena terlah diberi kesempatan untuk dapat berkunjung ke lokasi proyek tersebut, selain itu pada kesempatan tersebut beliau memberikan souvenir  dari FTSL untuk PT. Translingkar Kita Jaya dan PT Hutama Karya Infrastruktur.

Setelah mendengarkan sambutan dan beberapa paparan tentang proyek yang sedang di kerjakan, para mahasiswa ini diajak untuk berjalan2 di sekitar area proyek Jalan Tol Ruas Cinere- Jagorawi ini. Jalan tol ini  berada di wilayah Kota Depok dan merupakan bagain dari jaringan jalan tol nasional khususnya Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR 2). Pembangunan jalan Tol Ruas Cinere – Jagorawi ini dimaksudkan untuk mewujudkan pemerataan pembangunan dan pengembangan wilayah serta bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pelayanan jasa transportasi dan distribusi guna menunjang pertumbuhan ekonomi wilayah Jakarta – Bogor – Depok – Tanggerang dan Bekasi (Jabotabek).

Setelah selesai sholat jumat dan makan siang, para mahasiswa kembali diajak untuk berkeliling jalur Tol, kali ini ditemani oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FTSL Ir. Irsan Soemantri Brodjonegoro, Ph.D. yang bisa bergabung dan mendampingi mahasiswa TPB.

Jalan Tol Ruas Cinere – Jagorawi Seksi II (Sta 20+200 – 14+700) mulai dari Raya Bogor Cisalak sampai dengan Raya Kukusan dengan jarak lintasan sepanjang 5,5 KM, terdiri dari 7 Jembatan, 8 Overpass, 5 Box Culvert, 1 Struktur Sudetan dan 1 Struktur Talang Air. PT Translingkar Kita Jaya telah menandatangani perjanjian pengusahaan jalan tol dengan Pemerintah yang diwakili oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT)  Kementrian Pekerjaan Umum untuk membangun, mengoperasikan dan memelihara Jalan Tol Ruas Cinere – Jagorawi sepanjang 14,64 KM dengan masa konsesi 35 tahun. PT Hutama Karya Infrastruktur mengerjakan ruas tol Cinere – Jagorawi seksi II sepanjang 5,5 KM dengan nilai kontrak Rp 590.932.667.000.

 

 

 

Berita Terkait