Engineering Day FTSL 2016

Sabtu (14/05/2016) sebanyak 400 mahasiswa TPB FTSL angkatan 2015 berkumpul di Aula Timur, ITB untuk mengikuti kegiatan Engineering Day FTSL 2016. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari mata kuliah PRD (Pengantar Rekayasa Desain) II, Para mahasiswa tersebut diberikan Tugas Besar yaitu Proyek Perancangan dan Desain Bangunan Terapung. Tugas tersebut dibuat sesuai dengan tema kuliah tahun ini yaitu Teknik Kelautan. Sebelumnya juga pada tgl 25 April 2016 Mahasiswa TPB ini juga mengikuti Ekskursi ke Proyek Reklamasi Pantai Ancol Jakarta.

IMG_9614

Kegiatan di mulai pada pukul 08.00 WIB, diawalai dengan Sambutan Dekan FTSL Prof. Ir. Ade Sjafruddin, M.Sc., Ph.D., pada kesempatan tersebut beliau mengingatkan kepada seluruh mahasiswa untuk tetap focus dan semangat dalam belajar, terlebih lagi setelah kegiatan ini mereka akan mulai masuk ke Program Studi. Beliau juga berharap semoga setelah kegiatan ini para mahasiswa memiliki motivasi untuk belajar ilmu rekayasa. Pada kegiatan ini juga hadir Wakil dekan bidang Akademik Ir. Irsan Soemantri Brodjonegoro, Ph.D, Para Kepala Progam Studi Program Studi Sarjana, Dosen mata kuliah PRD II, para Dosen Wali dan para Asisten.

IMG_9623Ada 3 jenis Bangunan Terapung yang dibuat oleh para mahasiswa yaitu TLP (Tension –leg Platform), SPAR dan Semi Submersible. Setiap kelas dibagi kedalam 6 kelompok dengan masing masing kelompok terdiri dari 10 orang mahasiswa. Dari setiap kelas terdapat 2 kelompok yang merancangan bangunan TLP, SPAR, dan Semi Submersible.

Ada 6 kriteria Penilainya yang diberikan Dosen dan Asisten diantaranya Desain, Estetika dan Metode Instalasi, Biaya, Keaktifan Partisipasi, Laporan dan Presentasi,. Sementara itu ada 4 tahapan uji beban diantaranya Kestabilan ketika kosong, kesatabilan ketiaka diberi beban ditengah, kestabilan ketika diberi beban dengan jarak tertentu dari pusat, dan kestabilan ketika diberi gangguan.

IMG_9633 IMG_9641

IMG_9677 IMG_9687

Uji beban selesai sekitar pukul 11.30, sebelum kegiatan ditutup dan dilanjutkan dengan Tour Lab , sebagai apresiasi kepada para mahasiswa, dosen dan penitia panitia kegiatan mengumumkan Rancang Desain terbaik dari setiap kelas dan berikut daftar kelompok terbaik tiap kelas:

  1. Kelas 27, kelompok 1 dengan model TLP
  2. Kelas 28, kelompok 2 dengan model TLP
  3. Kelas 29, kelompok 7 dengan model Semi Submersible
  4. Kelas 30, kelompok 4 dengan model SPAR
  5. Kelas 31, kelompok 2 dengan model TLP
  6. Kelas 32, kelompok 7 dengan model Semi Submersible

DSC_0968  DSC_0971

DSC_0973  DSC_0974

DSC_0977  DSC_0979 

 

Selain rancang dan desain terbaik antar kelas, di umumkan juga desain terbaik dari setiap jenis bangunan terapung yang dibuat, dan berikut daftar Kelompok terbaik :

  1. Model TLP, kelompok 2 kelas 31
  2. Model SPAR, kelompok 4 kelas 30
  3. Model Semi Submersible, kelompok 7 kelas 29

DSC_0990  IMG_9852

DSC_0998Sebagai penutup tiap Dosen PRD diberikan kesempatan untuk memberikan kesan dan juga pesan untuk seluruh mahasiswa TPB FTSL angkatan 2015. Diawali oleh Ir. Biemo W. Soemardi, MSE., Ph.D., Dr. Ir. R. Sony Sulaksono Wibowo, MT., Dr. Moch. Chaerul, ST., MT., Muhammad Riyansyah, ST., Ph.D, Dr. Arno Adi Kuntoro, ST., MT. , Dr. Ahmad  Soleh Setiyawan, ST., MT., selain itu juga Eddy Rachman Gandanegara, ST., MT. sebagai salah satu dosen yang merancang Tugas Besar untuk kegiatn Engineering Day tahun ini memberikan kesannya, Beliau merasa terkesan dengan semangat yang dimiliki oleh para mahasiswa, terlihat saat uji beban akan dilakukan para mahasiswa terlihat sangat antusias dengan test yang akan dilakukan. Selain itu juga salah satu perwakilan Asisten memberikan Kesan dan Pesannya. Acara ditutup oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FTSL Ir. Irsan Soemantri Brodjonegoro, Ph.D,  beliau mengucapkan rasa terimakasihnya kepada seluruh pihak yang terlibat mulai dari Dosen Pkelas PRD, Dosen Wali, Asisten, dan seluruh Panitia Acara. Beliau Bersyukur Kegiatan ini berjalan dengan lancar.

Selesai kegiatan di Aula Timur, Para Mahasiswa ini diajak untuk mengikuti Kegiatan “Tour Laboratorium dan Program Studi”. Diawali dengan presentasi dari Program Studi RIL dan TPSDA yang di paparkan oleh mahasiswa dari masing masing Himpunan, dari KMIL (Keluarga Mahasiswa Infrastruktur Lingkungan) dan juga HIMASDA (Himpunan Mahasiswa Sember Daya Air). Presentasi dilakukan di Aula TImur ITB, karena memang keterbatasan waktu sehingga para mahasiswa ini belum dapat kesempatan untuk berkunjung ke ITB Jatinangor,

Selanjutnya para Mahasiswa dibiombing oleh 1 orang Asisten, 2 orang mahasiswa dari tiap himpunan, berkeliling melihat-lihat Laboratorium yang dimiliki FTSL serta berkeliling ke Program Studi Program Sarjana,FTSL yang ada di ITB Ganesha, yaitu Teknik Sipil, Teknik Lingkungan dan juga Teknik Kelautan. Disetiap Laboratorium dan Prodi yang dikunjungi telah menunggu Ketua Progarm Studi, staff Prodi dan juga Admin Laboratorium yang menunggu. Para Mahasiswa ini diberikan waktu 10 menit untuk Lab dan juga Prodi yang dikunjungi. Disana mereka diberikan penjelasan tentang Program Studi atau Labaoratoriumnya, mulai dari alat Lab, Fungsi dan lain-lain. Selain Itu juga merak diberikan kesempatan untuk bertanya. Dan terlihat bahwa para mahasiwa TPB ini sangat tertarik dengan penjelasan yang diberikan disetiap Lab dan Prodi yang mereka kunjungi.

DSC_1000  DSC_1007

Berita Terkait