Engineering Day FTSL 2017

Sabtu (06/05/2017) bertempat Lapangan Belakang Gedung CIBE, sebanyak 429 mahasiswa TPB angkatan 2016 FTSL-ITB, mengikuti kegiatan Engineering Day 2017. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang rutin diadakan oleh Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan karena kegiatan ini merupakan tugas akhir untuk matakuliah KU-1201 Pengantar Rekayasa dan Desain 2, cluster FTSL yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa peserta kelas. Nilai tugas ini dilaksanakan sebagai Ujian Akhir Semester.

Untuk tahun ini para mahasiswa ditugaskan untuk membuat Proyek Perancangan dan Desain Sistem Penjernihan Air.  Tahun ini terdapat 6 kelas PRD dan masing-masing kelas dibagi menjadi 7 kelompok,  setiap kelompok di minta untuk membuat sistem penjernih air dari alat dan bahan sederhana. Mahasiswa diharapkan mampu merancang unit pengolahan air baku menjadi air bersih dengan menerapkan beberapa prinsip dasar sistem penjernihan air dengan koagulasi-flokulasi dan sedimentasi. Unit pengolahan air tersebut harus dapat menyisihkan partikel solid pada air limbah artifisial secara efektif dan efisien dengan menggunakan proses koagulasi, flokulasi, dan sedimentasi.

Kegiatan ini dimulai pukul 08.00, diawali dengan sambutan dari Dekan FTSL Prof. Ade Sjafruddin, Ph.D  kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ir. Biemo W. Soemardi, M.Sc., Ph.D. yang merupakan Dosen mata kuliah PRD II. Setelah itu dilanjutkan oleh Dr. Ahmad  Soleh Setiyawan, ST., MT. yang memberikan pengarahan tentang proses pengujian. Setiap kelas telah disediakan 1 meja uji, dan setiap kelompok secara bergiliran melakukan pengujian. Setiap kelompok diberikan waktu 30 menit untuk melakukan proses pengolahan air baku yang telah disiapkan. Selama proses pengolahan atau proses sedimentasi, salah seorang peserta menjelaskan seluruh tahapan proses dan perencanaan serta menyiapkan poster presentasi.

Unit-unit yang dirancang hanya unit koagulasi, flokulasi, dan sedimentasi, sedangkan bentuk atau dimensi bak, konfigurasi, jumlah bak, jenis aliran (bach, intermitten, continue), kecepatan pengadukan, dan lama pengolahan pada masing-masing unit pengolahan dirancang oleh masing-masing kelompok sesuai dengan percobaan, perhitungan, dan perencanaan untuk mendapatkan hasil pengolahan yang terbaik. Air hasil pengolahan ditampung dalam ember ukuran 2 liter dan diukur jumlahnya minimal sebanyak 1 liter. Nilai kekeruhan serta pH diukur dan dicatat oleh asisten untuk dinilai secara kuantitas dan kualitas serta efisiensi pengolahannya.

Setelah seluruh kelompok dari setiap kelas selesai melakukan pengujian, dan mempresentasikan hasilnya. Selanjutnya diumumkan siapa yang mendapatakan nilai terbaik dari setiap kelas, dan dari seluruh kelompok dari tiap kelas, Kelompok 2 dari Kelas 33 mendapat nilai tertinggi yaitu 90. Kriteria Penilaian yaitu, efisensi seperti konsentrasi akhir dari hasil pengolahan, kuantitas harus memenuhi kebutuhan minimal 1 liter,  Desain seperti estetika dan metode instalasi, biaya, keaktifan anggota kelompok dan nilai Presentasi.

Setelah penyerahan sertifikat dan hadiah kepada kelompok yang mendapat nilai terbaik. Selanjutnya penutupan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik yaitu Ir. Irsan Soemantri Brodjonegoro, Ph.D, beliau m

engucapkan rasa terima kasih nya kepada seluruh Dosen mata kuliah PRD, para Asisten, para tendik FTSL yang telah membantu kegiatan ini sehingga belangsung dengan Sukses, dan tak lupa kepada seluruh Mahasiswa TPB FTSL yang telah aktif mengikuti perkuliah selama 1 semester penuh.

Berita Terkait