Kuliah Tamu : Perancangan dan Rekayasa Desain II

Selasa (22/03/2016) sebanyak 407 mahasiwa Tahap Persiapan Bersama (TPB) Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan mengikuti Kuliah tamu yang diadakan oleh Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan. Kuliah Tamu ini diadakan untuk mengisi matakuliah Pengantar Rekayasa Desain (PRD) II. Hadir 3 Pembicara yang mengisi kuliah tersebut. Diawali dengan sambutan dari Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan Ir. Irsan Soemantri Brodjonegoro, Ph.D. ,acara dimulai pada pukul 13.00. Kuliah kali ini ditunjukan untuk memperkenalkan tentang Pengerukan dan Reklamasi Pantai serta Pertambangan Oil dan Gas Lepas Pantai yang erat kaitannya dengan Teknik Kelautan.DSC_0729

Sebagai pembicara pertama hadir Tom Cnudde dari Dredging International dengan topik “Dredging and Reclamation”. Pada kesempatan tersebut beliau menjelaskan apa Itu Dredging, kemudian Dredging Projects, seperti :

  1. Excavation projects
  2. Reclamation projects
  3. Mining projects
  4. Environmental projects
  5. Energy projects
  6. Multi-purpose projects.

Selain itu juga belaiu menjelaskan tentang Dredging Equipment, Selection Criteria, dan tentunya Dredging Industry.

DSC_0741Selesai Tom Cnudde menyampaikan kuliah tentang “Dredging”, giliran Ir. Wisnu Mustapha, CMPM, PMP dan Ir. Rudy Herawan, MT. dari BP Tangguh. Mereka memberikan kuliah nya dengan topik “Pengembangan Potensi Migas di Lepas Pantai”  diawali oleh Ir. Wisnu Mustapha, CMPM, PMP yang membahasan mengenai Teknik Kelautan dan cakupan ilmu apa saja yang dipelajari. Kemudian kebutuhan industri yang membutuhkan tenaga keahlian di bidang Teknik Kelautan, terutama di bidang Oil and Gas. Beliau juga menjelaskan mengenai apa saja Offshore Oil & Gas Facilities, seperti Subsea Wells, ROV, Subsea Pipeline.

Sementara itu Ir. Rudy Herawan, MT menjelaskan mengenai apa saja yang dilakukan Perusahaan Minyak dan Gas itu, diantaranya :

  1. Finding oil and gasDSC_0746
  2. Extracting oil and gas
  3. Moving oil and gas
  4. Making fuels and products
  5. Selling fuels and products
  6. Generating low carbon energy

Selain itu juga beliau menjelaskan mengenai offshore facility dan onshore- near shore facility, secara detail.

Sebelum berakhir Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan tidak lupa memberikan Souvenir kepada para pembicara.

Berita Terkait