Tour Laboratorium Mahasiswa TPB FTSL angkatan 2017

Sabtu (28/04/2018) para mahasiswa TPB FTSL angkatan 2017 mengikuti kegiatan tour laboratorium yang diadakan oleh Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan. Kegiatan ini diadakan sebelum para mahasiswa ini mengisi kuesioner pilihan Program Studi tahap 3, pada tanggal 30 april 2018. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kembali fasilitas laboratorium yang dimiliki FTSL. Sebelum mulai berkeliling para mahasiswa ini mendapat penjelasan singkat tentang laboratorium di FTSL serta penjelasan penjurusan program studi di FTSL oleh Wakil Dekan bidang Akademik Ir. Irsan So      emantri Brodjonegoro, Ph.D.

Seluruh Laboratorium FTSL yang berjumlah 13 lab ini dikunjungi secara bergantian oleh para mahasiswa TPB FTSL. Dimulai pukul 13.00, para mahasiswa ini berkeliling laboratorium FTSL yang berada di ITB Ganesa antara lain Lab. Rekayasa Struktur, Lab. Mekanika Tanah, Lab. Rekayasa Jalan dan Lalulintas, Lab. Rekayasa Sumber Daya Air, Kualitas Air, Lab. Teknik Pengolahan Air, Lab. Kualitas Udara, Lab. Buangan Padat dan B3, Lab. Hygiene Industri dan Toksikologi, dan Lab. Teknik Kelautan

Para mahasiswa ini berkeliling dengan didampingi oleh kakak tingkat mereka di himpunan dan juga asisten mata kuliah gambar teknik. selama perjalanan antar laboratorium para mahasiswa TPB ini dapat bertanya dan diskusi dengan para mahasiswa di setiap himpunan yang ada di FTSL.

Di setiap laboratorium yang dikunjungi para mahasiswa ini mendapatkan penjelasan langsung dari laboran yang bertugas, selain itu para mahasiswa ini dapat melihat dan mencoba alat-alat laboratorium yang ada.

Kegiatan ini diadakan selama 2 hari, setelah hari sabtunya para mahasiswa TPB ini berkeliling laboratorium di ITB Ganesa, keesokan harinya para mahasiswa ini diajak untuk berkeliling laboratorium milik FTSL yang ada di Jatinangor.

Berangkat dengan bus ITB rombongan mahasiswa ini tiba di Jatinangor pukul 09.00, dibagi kedalam 2 kelompok masing-masing kelompok ini mendapat penjelasan langsung dari Kaprodi dan Kepala Laboratorium. Kemudian mereka diajakan berkeliling laboratorium yang ada, terdapat 2 laboratorium disana yaitu Laboratorium Teknik dan Pengelolaan Sumberdaya Air yang terdiri dari beberapa lab antara lain Lab. Lapangan Bangunan Air, Lab. Rekayasa Hidrologi dan Hidraulika dan Rekayasa Sungai dan Angkutan Sedimen. Serta Laboratorium Rekayasa   Infrastruktur Lingkungan yang terdiri dari lab. Hidraulika, Lab. Kualitas Air, Lab. Limbah Padat, dan Lab Mikrobiologi.

Berita Terkait